Sukses

Simak 5 Aktivitas yang Dapat Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Aroma kurang sedap pada mulut selama berpuasa bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut lima aktivitas yang dapat mengurangi bau mulut saat puasa:

Liputan6.com, Yogyakarta - Puasa Ramadan memberikan banyak keberkahan bagi masyarakat Muslim. Saat berpuasa, biasanya seseorang akan merasa kurang percaya diri karena bau mulut.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, bau mulut yang kurang sedap ini muncul karena dipicu oleh beberapa hal, seperti efek dari santapan sahur. Mengonsumsi makanan berbau menyengat saat sahur dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

Selain itu, bau mulut juga dapat muncul dari dalam tubuh kita sendiri. Hal ini biasanya terjadi pada pengidap diabetes atau maag.

Aroma kurang sedap pada mulut selama berpuasa bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut lima aktivitas yang dapat mengurangi bau mulut saat puasa:

1. Air putih

Sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Kamu bisa membaginya dengan meminim air putih saat sahur dan berbuka puasa. Selain dapat mengurangi bau mulut, mengonsumsi air putih juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

2. Gosok gigi

Saat berpuasa, menjaga kesehatan mulut adalah hal penting. Selain menggosok gigi dengan sempurna, kamu juga perlu menggosok lidah. Agar lebih sempurna, gunakan obat kumur untuk hasil yang bersih maksimal.

3. Hindari makanan beraroma tajam

Saat sahur, sebaiknya hindari makanan beraroma tajam, terlebih jenis makanan yang dapat meninggalkan aroma kurang sedap di mulut. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah-buahan.

4. Berhenti merokok

Tak hanya soal makanan, aroma mulut tak sedap juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sebaiknya hindari merokok saat berbuka maupun sahur.

5. Hindari tidur terlalu lama

Saat berpuasa, tidur memang sangat dianjurkan. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan tidur terlalu lama saat berpuasa karena dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini