Sukses

Gibran Sulap Loji Gandrung Bak Warung Internet Gratis di Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membuka layanan internet gratis di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Solo. Masyarakat umum dipersilakan untuk berinternet memanfaatkan wifi gratis di rumah dinas tersebut.

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mempersilakan kepada masyarakat umum untuk memanfaatkan layanan wifi internet gratis di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Solo. Putra sulung Presiden Jokowi itu membebaskan warga untuk berinternet di eks rumah dinas Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo itu lantaran rumah tersebut selama ini tidak ditempatinya karena dia lebih memilih tinggal di rumah pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo.

Awalnya cawapres nomor urut 2 itu mengunggah pengumumnan di akun Instagram miliknya terkait membuka layanan internet gratis di Loji Gandrung pada Kamis (14/3/2024) kemarin. Gayung pun bersambut, beberapa warga mulai mendatangi rumah dinas wali kota pada Jumat pagi sejak pukul 09.30 WIB. Layanan wifi gratis itu hanya beroperasi mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan layanan internet gratis dengan memanfaatkan wifi di Loji Gandrung itu mulai dibuka untuk masyarakat umum pada Kamis kemarin. Ia pun mengaku keputusannya untuk memperbolehkan masyarakat umum menikmati layanan internet gratis di rumah dinas itu dilakukannya secara spontan.

Enggak ada ide apa-apa cuma internetnya bisa dipakai warga gitu aja. Iya terbuka untuk umum, semua boleh (datang ke rumah dinas untuk memanfaatkan wifi gratis),” kata Gibran ketika ditemui usai meninjau kegiatan penyaluran subsidi pangan di Kantor Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (15/3/2024).

Keputusannya untuk memperbolehkan masyarakat umum untuk menikmati layanan internet gratis di Loji Gandrung karena selama ini dirinya memang tidak pernah tinggal di rumah dinas tersebut. Gibran selama menjabat Wali Kota Solo lebih memilih untuk tinggal di kediamannya pribadi yang tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo.

“Saya kan tidak pernah memakai fasilitas rumah dinas, ya biar (fasilitas) rumah dinasnya dipakai untuk warga mengerjakan tugas, mengerjakan skripsi,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wifi Gratis Diperbanyak

Selain rumah dinas, Gibran juga ingin memberikan layanan internet gratis di sejumlah fasilitas publik milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Hanya saja rencana untuk memperluas layanan wifi gratis yang bisa diakses masyarakat umum seperti di Balai Kota Solo masih terbentur dengan keterbatasan biaya anggaran.

“Untuk balai kota nanti-nanti ya. Kita mau cari CSR lagi biar lebih tambah banyak titik lagi untuk wifi gratis,” kata dia.

Menurut Gibran, layanan internet gratis kepada masyarakat di Loji Gandrung tidak dilakukan selama 24 jam tetapi hanya beroperasi mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB selama Ramadan ini. “Kalau setelah jam 19 ya tarawih kan sudah tak tulis di situ,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga, Ian Marso mengaku, mampir ke Loji Gandrung untuk memanfaatkan layanan internet gratis setelah melihat unggahan di media sosial Instagram milik Gibran. Ia yang sedang melintas kawasan Jalan Slamet Riyadi, Solo itu langsung mampir ke Loji Gandrung untuk mencoba layanan internet gratis dari wifi rumah dinas tersebut.

“Kebetulan tadi lewat depan setelah habis interview. Setelah itu, saya mampir dan masuk ke Loji Gandrung untuk mencoba wifi gratis di sini. Tadi sebelum mengakses wifi tanya-tanya dulu ke petugas keamanan dan dikasih password wifi gratisnya,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini