Sukses

Melihat Pengabdian Mahasiswa SV Undip

Selain pengetahuan teoretis, mahasiswa Sekolah Vokasi Undip diterjunkan ke masyarakat agar bisa menerapkan pengetahuannya.

Liputan6.com, Semarang - Pengelolaan Perpustakaan Sekolah mempunyai peran yang strategis untuk memotivasi peserta didik meningkatkan kemampuan literasi. Semakin baik sebuah perpustakaan sekolah dikelola maka semakin termotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasinya.

Poin ini menjadikan Prodi Sarjana Terapan Informasi dan Humas (Inhum) Sekolah Vokasi Undip bekerjasama menggelar pengabdian dengan S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip. Dilakukan dengan memberdayakan mahasiswa yang sudah magang. 

Perintisan kerjasama, dimulai dengan survey untuk menemukan permasalahan dalam pengelolaan, yang sudah dimulai sejak awal Januari 2024 dilanjutkan dengan inventarisasi koleksi, klasifikasi dan pelabelan selama satu minggu. 

"Langkah secara manual dipilih sebagai awal pengelolaan yang nantinya akan ditindaklanjuti secara bertahap mengarah ke pengelolaan dan layanan digitalisasi," kata kaprodi Sarjana Terapan Inhum Dra Sri Indrahti MHum.

Perintisan Kerjasama Pengabdian dilakukan antara Prodi Sarjana Terapan Inhum Sekolah Vokasi Undip, S1 Ilmu Perpustakaan FIB Undip, dan Perpustakaan Sekolah Islam Terpadu Al Fikri Sambiroto Semarang.

Putakawan SMP Al Fikri, Manda, kemudian perwakilan mahasiswa inhum, dan mahasiswa FIB, didampingi pengelola Inhum melakukan survey pengabdian serta dilanjutkan dengan proses-proses lanjutan termasuk nantinya digitalisasi perpustakaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini