Sukses

KPU Kota Bandung Mulai Perhitungan Perolehan Suara Tingkat Kota Hasil Pemilu 2024

Rekapitulasi surat suara untuk tingkat kota sudah dimulai seiring dengan telah selesainya perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan.

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung memulai Rapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kota Bandung di Hotel Grand Pasundan mulai Kamis, 29 Februari sampai 4 Maret 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Wenti Prihadianti mengatakan, rekapitulasi surat suara untuk tingkat kota sudah dimulai seiring dengan telah selesainya perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan.

"Telah selesai dilakukan di tingkat kecamatan di malam kemarin (28/2/2024) malam. Sudah selesai, cuma masih ada yang menyelesaikan finalisasi dan administrasi yaitu di Kecamatan Kiaracondong dan Batununggal. Mudah-mudahan bisa selesai hari ini," kata Wenti dikutip lewat siaran pers, Kamis, 29 Februari 2024.

Wenti mengatakan, rangkaian pleno diawali dengan pembacaan formulir model D hasil dari PPK di Kota Bandung. Setelah itu dilakukan sinkronkan dengan hasil rekap dari aplikasi Sirekap.

"Baru nanti ada pembacaan kejadian khusus diakhiri dengan penetapan hasil rekapitulasi tingkat Kota Bandung," ujarnya.

Dia berharap, semua pihak dapat mengikuti prosedur dan menerima hasil rekapitulasi suara ini dengan baik, untuk menjamin kelancaran proses demokrasi di Kota Bandung.

"Harapannya berjalan lancar, aman dan kondusif serta berlangsung secara transparan," kata dia.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Bambang Sukardi, berharap, proses rekapitulasi yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, serta dapat diterima oleh semua pihak.

Ia mengingatkan agar penyelenggara Pemilu dapat bekerja lebih hati-hati, cermat dan fokus kepada tugasnya. Begitu pula dengan pengawas dan saksi juga diharapkan berkontribusi aktif terhadap proses perhitungan rekap dan hasil yang akurat.

"Semua pihak tentunya harus senantiasa menjunjung tinggi integritas agar proses perhitungan dan hasil Pemilu yang ditetapkan benar-benar mempresentasikan data yang sesungguhnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.