Sukses

Pebisnis Harus Tahu, Ini 5 Jurus Ampuh Bangun Tim Bisnis yang Solid

Sayangnya, bagi para pemilik bisnis pemula dan UMKM membangun tim bisnis yang solid bukan perkara mudah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Di era bisnis yang kompetitif, membangun tim bisnis yang solid menjadi faktor penentu kesuksesan. Tim bisnis yang sukses harus kompak agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, tim yang solid dapat bekerja mencapai tujuan bersama dan membantu bisnis berkembang dengan pesat. Sayangnya, bagi para pemilik bisnis pemula dan UMKM membangun tim bisnis yang solid bukan perkara mudah.

Dikutip dari buku Titik Kritis Bisnis & Solusinya, konsultan bisnis kerakyatan Wirson membagikan beberapa cara membentuk tim bisnis yang solid untuk para pengusaha dan bisnis owner.

Menurut Wirson, langkah pertama dapat dilakukan para pemilik bisnis untuk membangun tim yang sukses dari awal adalah rekrutment yang tepat. Menurutnya, pemilik bisnis harus memilih orang yang memiliki keahlian dan pengalaman.

Penting juga untuk memilih orang yang memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dan saling mendukung. Tidak ketinggalan, orang dengan nilai-nilai yang sesuai dengan bisnis yang tengah dijalankan.

Perlu diingat, bisnis owner tidak perlu ragu untuk memiliki tim bisnis karena kekhawatiran akan gaji karyawan ditengah kondisi keuangan belum stabil. Pemilik bisnis memang harus bersungguh-sungguh mengupayakan upah yang layak bagi karyawannya.

Oleh karenanya, Wirson menyebut pemilik bisnis harus jeli mengambil peluang agar transaksi terus datang.

"Tujuannya supaya karyawan bisa tetap bekerja, ada penghasilan dan keuntungan, dan bisa membayar semua biaya operasional," ujar Wirson.

Langkah ketiga dalam membangun tim bisnis yang solid adalah tim inti yang solid dan kokoh. Tim inti adalah orang yang akan menjadi tangan kanan para bisnis owner.

Menurut Wirson, ketika pemilik bisnis sudah menemukan sosok yang akan mengisi tim inti. Tularkan pada mereka prinsip-prinsip vital, leadership dan team building yang menjadi keyakinan selama berbisnis.

Jika bisnis sudah berjalan dengan stabil, pemilik bisnis tidak perlu terburu-buru menambah jumlah tim kerja. Dalam proses awal membangun tim bisnis yang sukses, bisnis owner harus merangkap beberapa pekerjaan.

Tujuannya, agar keuangan lebih stabil terlebih dahulu dan pemilik bisnis tidak terlalu terbebani. Tips terakhir untuk membangun tim bisnis yang solid adalah karedirasi karyawan. Hal ini merupakan upaya strategis untuk mempersiapkan talenta-talenta terbaik agar siap mengambil alih peran dan tanggung jawab di masa depan.

Kaderisasi karyawan dapat dilakukan dengan menjadi pelayan dalam tim. Hasil akhirnya, karyawan dapat menjalankan bisnis secara auto-pilot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini