Sukses

Quiche Lorraine, Camilan Savory Pie yang Mengenyangkan, Cocok untuk Ide Jualan

Quiche Lorraine adalah kue pie versi asin atau savory dengan rasa yang gurih.

Liputan6.com, Jakarta - Kue Pie merupakan salah satu jenis pastry, tepatnya short pastry. Kudapan pie pun terbagi lagi ke dalam rasa manis (sweet) maupun asin (savory). Pada jenis manis, kue pie bisa berupa pie susu, pie buah, pie brownies, dan lain-lain.

Sementara untuk rasa asin atau savory pastry, terdapat Quiche Lorraine yang berisikan sayur dan protein hewani. Quiche sendiri merupakan kudapan yang berasal dari Prancis. Kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu dan margarin atau mentega.

Uniknya, isi atau topping kulit pie bukan vla manis melainkan sayuran seperti bayam atau jamur bertabur potongan daging asap, salmon, ayam, atau sosis. Adonan Quiche Lorraine nan gurih ini kian lezat dengan guyuran susu dan telur dan taburan keju.

Tak heran bila camilan ini akan mengenyangkan dan sangat cocok bagi pencinta hidangan savory pastry. Bentuknya pun sangat unik dan menggugah selera dengan tekstur kulit pie yang crunchy dan isian yang lembut, tetapi gurih.

Quiche sendiri berasal dari bahasa Jerman "kuchen" yang berarti kue. Kudapan ini sering dianggap versi gurih dari egg custard tart (tart-telur), atau pie versi manis.

Namun, sebenarnya Quiche Lorraine sebagai savory pie nan gurih sudah jauh lebih dulu dikenal di Inggris, tepatnya pada awal abad ke-14. Namun, kini quiche lebih dikenal sebagai makanan khas Prancis yang berasal dari Lorraine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuat dengan Beragam Versi

Quiche Lorraine dikenal dengan isian adonan susu, telur, potongan daging asap dan keju Gruyere. Bahkan pada awalnya, kudapan ini hanya berisi krim kustar krim, telur, serta daging bakon asap. Namun, seiring perkembangan waktu variasi isian kue pie asin ini kian beragam.

Untuk resep yang lebih premium, Quiche Lorraine menggunakan paduan telur dan krim custard dan taburan daging asap atau salmon hingga potongan ayam. Namun, jika ingin lebih ekonomis isian bisa diganti dengan susu cair yang diaduk bersama telur serta bumbu dan herbs untuk penguat rasa dan menimbulkan aroma khas. Adapun daging asap bisa diganti dengan sosis sapi maupun kornet sebagai bahan yang lebih ekonomis.

Berikut resep Quiche Lorraine versi ekonomi yang bisa menjadi ide jualan:

Bahan adonan kulit:

350 gram tepung terigu protein sedang

200 gram margarin

27 gram kuning telur atau kurang lebih dua butir

10 gram air es

Bahan isian:

425 gram jamur kaleng

80 gram bayam

100 gram bawang bombay

120 gram keju cheddar

50 gram margarin

Sejumput garam dan merica

Bahas saus:

1000 gram whipping cream atau susu UHT

200 gram kuning telur

Sejumput bawang putih dan pala bubuk

Cara membuat:

1. Aduk terigu dengan kuning telur

2. Masukkan margarin hingga adonan menjadi berbutir-butir seperti pasir

3. Masukkan air es ke dalam adonan, aduk pelan sampai rata

4. Adonan di roll melebar dan masukkan ke dalam cetakan pie ukuran kecil

5. Iris jamur kaleng, bawang bombay, dan sosis

6. Tumis jamur, bawang bombay dan sosis dengan margarin, beri garam dan merica

7. Kocok telur dengan pelan, tidak sampai mengembang kemudian masukkan susu atau whipping cream dan bumbu, aduk rata

8. Tuangkan bahan isi dan bahan saus ke dalam kulit pie, lalu taburi keju cheddar parut

9. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30-40 menit

3 dari 3 halaman

Tips Anti Gagal

Berbeda dengan adonan pie manis, kulit pie tidak perlu dipanggang terpisah dengan isian. Pada Quiche Lorraine, pemanggangan kulit dan isian dilakukan bersamaan.

Namun, penting untuk mengoles cetakan pie dengan margarin dan taburan tepung. Fungsinya, agar adonan isi dan bahan saus tidak meluber ke bawah kulit dan membuat lengket. Jangan lupa untuk menimbang adonan kulit sekitar 20 gram per buah agar bentuknya sama.

Selain itu, seperti halnya jenis pie manis dengan isian yang beragam, savory pie juga bisa menggunakan isi yang berbeda-beda, sesuai dengan selera. Misalnya, sayur bayam bisa diganti dengan brokoli, pokcoy, wortel, dan jenis sayuran lain.

Begitu juga dengan isian bahan dan saus yang bergantung pada selera. Namun yang pasti penggunaan telur sangat diperlukan untuk membuat adonan isi menjadi lebih set. Selain itu, pastikan mengisi sayur dan bahan isi terlebih dahulu.

Terakhir, baru tuangkan adonan cair yakni telur dan susu. Tujuannya agar adonan cair bisa menutupi rongga-rongga di antara bahan isian dan membuat isi lebih padat. Jangan lupa, hitunglah HPP atau Harga Pokok Penjualan untuk menentukan harga jual yang pas. Gunakan juga bahan segar dan berkualitas ya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.