Sukses

Ribuan Kotak Berisi Surat Suara Tiba di Gudang KPU Pekanbaru Dikawal Polisi Bersenjata

Ribuan kotak logistik Pemilu 2024 berisi surat suara dijemput belasan personel Polresta Pekanbaru dari Pelindo Perawang ke Kabupaten Siak dan sudah diterima oleh KPU.

Liputan6.com, Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke KPU kabupaten dan kota. Pengiriman ini dikawal puluhan polisi ke kabupaten tujuan dari Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Perawang, Kabupaten Siak.

Polresta Pekanbaru mengirimkan 15 personel menjemput kontainer berisi ribuan surat suara itu ke Pelindo. Jumlah itu termasuk personel Brimob bersenjata lengkap dan mobil patroli sebagai pengaman jalur selama di jalanan.

Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Jeki Rahmat Mustika menjelaskan, penjemputan dilakukan pada Minggu malam, 14 Januari 2024. Ribuan kotak sampai ke gudang KPU Pekanbaru pada tengah malam.

"Sudah sampai dengan selamat di gudang KPU Jalan Kaharuddin Nasution, selanjutnya akan disortir dan dilipat oleh pekerja dari KPU," kata Jeki, Senin petang, 15 Januari 2024.

Jeki menjelaskan, personel saat mengawal logistik Pemilu dilengkapi dengan rompi anti peluru, helm baja dan senjata laras panjang. Mereka mengawal 2 truk trailer dan sebuah cold diesel.

"Personel melewati sejumlah jalan hingga sampai ke ibu kota dan dilakukan serah terima dengan Ketua KPU Pekanbaru," kata Jeki.

Jeki menjelaskan, logistik pemilu yang dikawal berjumlah 2.265 kotak. Jumlah itu untuk calon dewan perwakilan daerah, calon legislatif DPRD Riau hingga calon legislatif Kota Pekanbaru berbagai daerah pemilihan.

"Kemudian ada surat suara untuk pemungutan suara ulang ada belasan kotak surat suara," jelas Jeki.

Untuk menjaga surat suara yang baru tiba, Polresta Pekanbaru menyiagakan sejumlah personel di gedung KPU. Gedung dijaga ketat agar tidak orang masuk sembarangan.

"Personel jangan sampai lengah, hindari kesalahan sekecil apa pun," terang Jeki.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.