Sukses

Mengintip Kisi-Kisi Pertanyaan Panelis di Debat Cawapres

Salah satu panelis adalah ekonom Prof Dr Suharnomo SE, MSi, dari Undip Semarang.

Liputan6.com, Semarang - Debat cawapres akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan mempertemukan tiga Calon Wakil Presiden (Cawapres). Prof Dr. Suharnomo, SE, MSi Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip sekaligus Rektor Terpilih Undip periode (2024-2029) didaulat menjadi salah satu panelis dalam debat Cawapres oleh Komisi Pemilihan umum (KPU) yang akan digelar di Jakarta Coventon Center (JCC) pada 22 Desember 2023.

Kepada Liputan6.com, Guru Besar Undip itu menjelaskan, dalam debat Cawapres merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk ketiga Cawapres yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Tema yang akan dibahas dalam debat kedua ini meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/ABPD, infrastruktur dan perkotaan.

“Saya saat ini sedang menyiapkan materi dan akan saya sampaikan dalam sidang pleno tim panelis Tanggal 20-22 Desember 2023. Kebetulan materi debat tersebut sesuai dengan bidang kepakaran saya yaitu bidang ekonomi dan pengelolaan sumber daya manusia," kata Prof. Suharnomo di ruang Dekanat FEB Undip Tembalang, Semarang , Rabu (20/12/23). 

Tidak banyak bocoran terkait pertanyaan yang akan diajukan kepada ketiga Cawapres, namun Prof Suharnomo berharap pertanyaan yang dirumuskan mampu menjawab persoalan-persoalan ekonomi di Indonesia sehingga pada akhirnya publik dapat memberikan penilaiannya terhadap calon pemimpin Indonesia.

“Publik yang menyaksikan dan melihat debat akan bisa mengetahui kemampuan dan kompetensi dalam menyelesaikan masalah-masalah ekonomi yang ditanyakan oleh tim panelis," kata Prof. Suharnomo. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Prof Dr Suharnomo

Prof Dr. Suharnomo, SE, MSi adalah Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip dan elected rector Undip 2024 -2029. Prof Suharnomo memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia. 

Suharnomo juga dikukuhkan sebagai guru besar Undip pada 25 Mei 2021. Prof. Suharnomo menjabat sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Semarang Korwil Jateng periode 2023-2026.

Suharnomo pernah menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI) periode 2020-2022.

Menulis banyak karya ilmiah diantaranya terpublikasi dalam jurnal terindeks Scopus.  Misal karya berjudul "Do intangible assets and innovation orientation influence competitive advantages? A case study of SMEs in Indonesia. Juga karya berjudul An organizational performance: the role of creative knowledge internalization behavior. 

Ada juga karya berjudul The role of trust-based active participation as a learning mediation concept for leveraging the impact of information technology on creative performance. Judul lainnya seperti Transformational leadership on employee performance in post-acquisition of company "dan lainnya dengan H Indeks 7. Dia juga menjadi inisiator / pendiri Lembaga Akreditasi Mandiri Bidang Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Lamemba). Pros Suharnomo juga menjadi Ketua FTA (Free Trade Agreement) Jawa Tengah. 

Kementerian Perdagangan hingga Penasehat GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten), asesor BNSP untuk General Manager serta Dewan Pakar Persatuan Guru NU Jawa Tengah 2023 -2027.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini