Sukses

Aksi 'Membasuh Luka Palestina' di Bonebol Berhasil Kumpulkan Donasi Rp138 Juta Lebih

Donasi ini diperoleh dari pelaksanaan Doa dan Dakwah Gorontalo bertajuk Membasuh Luka Palestina yang digelar di Center Point Bone Bolango, Minggu (26/11/2023) pagi yang dirangkaikan dengan Doa Syukur Nikmat dan Tolak Bala

Liputan6.com, Gorontalo - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo berhasil mengumpulkan donasi dari aksi solidaritas warga Palestina sebesar Rp138.336.500.

Donasi ini diperoleh dari pelaksanaan Doa dan Dakwah Gorontalo bertajuk Membasuh Luka Palestina yang digelar di Center Point Bone Bolango, Minggu (26/11/2023) pagi yang dirangkaikan dengan Doa Syukur Nikmat dan Tolak Bala.

Agenda kegiatan tersebut menghadirkan ustaz Narlis Nazar, Habib Salim Al Jufri dan Qadhi Suwawa wilayah kerja Kabupaten Bone Bolango Kyai Helmi Podungge.

Ketua Baznas Bone Bolango, Faisal Hasim Pakaya, menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur atas terkumpulnya donasi pada kegiatan aksi solidaritas untuk Palestina yang mencapai sebesar Rp138,3 juta lebih tersebut.

”Dukungan kita dalam bentuk donasi ini, tentunya tidak sebanding dengan penderitaan yang dialami warga Palestina. Tapi paling tidak donasi ini, bisa meringankan beban mereka saudara-saudara kita di sana,” kata Faisal Pakaya.

Faisal mengatakan, konflik Palestina bukan semata urusan warga Palestina dan Arab saja, namun merupakan persoalan bersama umat Islam di mana pun berada. Sebab, Al-Quds yang terletak di bumi Palestina merupakan kiblat pertama umat Islam, bumi tempat lahirnya nabi-nabi pilihan, kota ketiga yang diberkati dan dimuliakan Allah

Olehnya itu, sekarang saatnya, dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina di mulai dari Bone Bolango.

”Kita tidak hanya menyuarakan, tapi juga mengambil langkah konkret dengan mengirimkan bantuan semampu kita atau paling tidak melangitkan doa-doa kita pada setiap sholat,” ujar Faisal.

Kata dia, mereka tidak akan tinggal diam melihat korban yang terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi. Banyak warga sipil yang menjadi korban dari kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel, sebagian besar korbannya adalah anak-anak, perempuan, dan pasien rumah sakit.

“Kita harus mengirimkan pesan kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, untuk menghentikan penggunaan kekerasan, dan fokus pada masalah kemanusiaan, dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina,” ia menandaskan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Plt Bupati

Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menyumbangkan dana pribadinya sebesar Rp20 juta. Sumbangan itu, disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bone Bolango pada kegiatan Doa dan Dakwah Gorontalo Membasuh Luka Palestina.

Merlan berharap donasi yang diberikan dan disalurkan melalui Baznas Bone Bolango itu, bisa membantu meringankan beban warga Palestina yang terdampak dan menjadi korban kebiadaban Zionis Israel tersebut.

Plt Bupati bilang, sekarang saatnya dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina. Dimulai dari Bone Bolango hari ini yaitu kegiatan doa dan dakwah untuk membasuh luka Palestina.

“Kita tidak akan tinggal diam melihat korban yang terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi. Banyak warga sipil yang menjadi korban kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel yang sebagian besar korbannya adalah anak-anak, perempuan dan pasien rumah sakit,” kata Merlan.

Kita harus mengirimkan pesan kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, untuk menghentikan kekerasan, dan fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina.

“Hari ini kita berkumpul di tempat ini, dengan suasana batin yang penuh duka. Hati kita terkoyak menyaksikan saudara-saudara kita di Palestina dalam kondisi yang sangat memilukan," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.