Sukses

Jangan Khawatir, Ini Cara Menurunkan Berat Badan Pascamelahirkan

Bagaimana cara menurunkan berat badan pascamelahirkan yang aman? Berikut cara menurunkan berat badan yang aman dan sehat bagi ibu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar. Pasalnya, sang ibu yang mengandung memang membuthkan asupan nutrisi yang lebih banyak agar pertumbuhan janin berjalan baik.

Tapi pascamelahirkan, biasanya berat badan tidak berubah. Untuk itu jika ingin menurunkan berat badan disarankan untuk dilakukan secara sehat dan bertahap.

Namun bagaimana cara menurunkan berat badan pascamelahirkan yang aman? Berikut cara menurunkan berat badan yang aman dan sehat bagi ibu:

1. Diet Sehat

Dikutip dari siloamhospitals, diet sehat itu tidak sama dengan mengurangi porsi makan saja. Misalnya memperhatikan asupan gizi di dalam makanan. Anjurannya memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging dada ayam, susu rendah lemak, dan yoghurt.

Selain itu, ibu juga harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula dan lemak tinggi, seperti kue, minuman bersoda, serta makanan cepat saji. Pasalnya ini bisa memicu penumpukan lemak berlebih dan kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh.

2. Mengelola Stres

Sres adalah faktor yang dapat menyebabkan berat badan naik secara signifikan pascamelahirkan. Akibat dari stres berlebih biasanya meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula.

Tak hanya itu, stres berkepanjangan dapat merangsang produksi hormon kortisol secara berlebihan yang dapat menghambat proses metabolisme dan pembakaran kalori di dalam tubuh.

Lantas, cara yang bisa dilakukan untuk mengola stres diantaranya:

  • Tidur yang cukup, minimal 8–9 jam setiap malam.
  • Meminta bantuan pasangan, keluarga, kerabat, atau sahabat dekat saat merasa kesulitan untuk mengurus bayi baru lahir.
  • Menulis jurnal harian.
  • Bermeditasi atau melakukan yoga secara rutin.
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri, seperti pergi ke salon, melakukan hobi, dan lain sebagainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga Rutin

3. Olahraga Rutin

Setelah mengontrol makan dan mengelola stres, olahraga rutin jadi satu kunci untuk menurunkan berat badan pascamelahirkan. Olahraga adalah metode untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh secara signifikan.

Olahraga yang sederhana bisa dilakukan misalnya memanfaatkan stroller (kereta dorong bayi) untuk berolahraga sekaligus membawa si kecil menghirup udara segar.

Bisa juga melakukan olahraga intensitas rendah lainnya, seperti yoga, menari, senam aerobik. Namun sebelum itu, ada baiknya konsultasi dengan dokter dulu agar dapat melakukan aktivitas fisik yang tepat.

4. Rutin Menyusui Bayi

Siapa sangka, rutin menyusui bayi jadi satu metode untuk menurunkan berat badan. Dengan aktivitas menyusui, tubuh ibu akan membakar kalori yang setara dengan satu kali sesi olahraga.

5. Banyak Minum Air Putih

Setelah aktivitas fisik, ibu dapat memperbanyak minum air putih setidaknya setidaknya 2 liter atau setara dengan 8 gelas berukuran 230 ml setiap hari.

Meminum air putih dapat membuat ibu bisa mengontrol nafsu makan, dan membuat cepat kenyang saat makan. Dengan ini juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa menghambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.