Sukses

Dapat Nilai SKD Tinggi, Joki CPNS Kemenkumham di Makassar Ditangkap

Joki tersebut sempat lolos proses registrasi ulang.

Liputan6.com, Makassar - MH, seorang joki CPNS Kemenkumham berhasil ditangkap. Pemuda berusia 24 tahun itu menggantikan peserta lain yang berinisial SI untuk menjalani tes SKD di Universitas Islam Makassar (UIM) pada Minggu (12/11/2023). 

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea, Iptu Jeriyadi membenarkan ihwal penangkapan MH. Dia menjelaskan bahwa MH kini telah diserahkan ke Polrestabes Makassar untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

"Iya betul ada joki CPNS diamankan oleh panitia kemarin. Tadi pagi pelaku kita serahkan ke Polrestabes," kata Jeriyadi, Senin (13/11/2023). 

Dari informasi yang berhasil dihimpun, panitia sempat menaruh curiga saat proses registrasi dilakukan terhadap MH. Pasalnya postur tubuh MH dan foto yang diunggah saat pendaftaran terlihat berbeda.

Secara fisik, MH memiliki tubuh yang berisi, sementara di foto kartu peserta terlihat kurus. Meski begitu, MH tetap dibiarkan masuk mengikuti CAT oleh panitia.

Kecurigaan panitia kemudian memuncak setelah hasil tes SKD milik MH mendapat nilai tertinggi ketiga di sesinya, yakni 416. Panitia pun memutuskan untuk menginterogasi MH hingga dia mengaku bahwa dirinya adala joki. 

"Saya MH menggantikan SI untuk mengikuti ujian (CPNS) Kemenkumham pada hari ini 12 November 2023," kata MH dalam video yang diterima. 

MH mengaku bahwa dirinya adalah sepupu SI sehingga ia mau menggantikan SI untuk mengikuti tes CPNS. MH juga memastikan bahwa dirinya tak diimingi imbalan apapun.

"Iya, sepupu kandung. Saya asal Sulawesi Barat, sepupu saya Sinjai Utara. Tidak ada (imbalan)," jawabnya saat diinterogasi oleh panitia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.