Sukses

Selain 'Daily Dose of Sunshine', 5 Drama dengan Rating Tinggi Ini Juga Angkat Tema Kesehatan Mental

Daily Dose of Sunshine juga bukan satu-satunya drama yang mengangkat tema kesehatan jiwa. Ada cukup banyak drama dengan tema serupa, yang bahkan memiliki rating tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Daily Dose of Sunshine merupakan drama Korea baru yang dibintangi Park Bo Young dan baru dirilis pada Jumat (3/11/2023) lalu. Ini merupakan drama lainnya yang membahas tentang isu kesehatan jiwa, karena sebelumnya sudah banyak drama Korea yang mengangkat isu yang sama.

Meski ada cukup banyak drama Korea tentang kesehatan jiwa, namun ada banyak hal menarik yang diangkat dalam Daily Dose of Sunshine. Selain itu, sang sutradara Lee Jae Gyu pun merupakan salah satu orang yang mengalami gangguan panik dan depresi, seperti yang ada dalam cerita.

Dengan drama garapan barunya ini, sutradara yang juga menggarap All of Us Are Dead ini berharap para penonton peduli terhadap kondisi kesehatan jiwanya dan berani untuk menerima bantuan pengobatan.

Daily Dose of Sunshine sendiri merupakan drama yang diangkat dari webcomic karya Lee Ra Ha. Bercerita tentang seorang perawat bernama Jung Da Eun, yang baru dipindahkan dari departemen penyakit dalam ke poli kesehatan jiwa.

Sebagai perawat, Da Eun harus menangani pasien dengan berbagai masalah kesehatan jiwa. Mulai dari bipolar, delusi, dan masih banyak lagi. Bahkan, Da Eun juga memiliki sahabat, Song Yu Chan, yang belakangan diketahui memiliki gangguan panik.

Drama dengan 12 episode ini cocok untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan tontonan di akhir pekan. Ceritanya dikemas dengan ringan, namun memberikan banyak informasi tentang berbagai masalah kesehatan jiwa. 

Daily Dose of Sunshine juga bukan satu-satunya drama yang mengangkat tema kesehatan jiwa. Ada cukup banyak drama dengan tema serupa, yang bahkan memiliki rating tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Drama Korea Tentang Kesehatan Jiwa dengan Rating Tinggi

1. Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal Me bercerita tentang pria kaya bernama Cha Do Hyun (Ji Sung) yang berjuang dengan gangguan kepribadian gandanya. Do Hyun memiliki tujuh kepribadian, yang salah satunya jatuh cinta pada Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum).

Drama yang satu ini memang memiliki tema yang serius, tetapi dikemas menjadi cerita ringan dan lucu. Hingga membuat penonton tidak bosan.

2. It’s Okay, That’s Love

Drama Korea lain yang mengangkat isu kesehatan mental adalah It’s Okay, That’s Love, yang dibintangi Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Lee Kwang Soo, Lee Sung Kyung, dan D.O EXO.

Drama ini menceritakan Jang Jae Yeol (Jo In Sung), seorang penulis terkenal yang bertemu dengan Hae Soo (Gong Hyo Jin). Keduanya saling membenci.

Namun, Hae Soo kemudian berubah setelah mengetahui pemilik rumah yang dia sewa adalah Jae Yeol. Hubungan keduanya pun berkembang setelah saling mengenal.

Di samping cerita yang berfokus pada hubungan Jae Yeol dan Hae Soo, drama ini juga berpusat pada kondisi kesehatan Jae Yeol yang merupakan pasien skizofrenia. 

 

3. SKY Castle

SKY Castle merupakan salah satu drama populer dengan rating tertinggi. Cerita drama ini berfokus pada empat keluarga yang rela melakukan apa pun untuk membuat anak-anaknya masuk ke universitas ternama.

Drama ini menjadi gambaran realita di Korea Selatan yang membuat para siswa sekolah merasa tertekan akibat desakan orang tua, yang menuntut mereka harus berprestasi secara akademis. Tuntutan tersebut membuat para siswa mengalami gangguan kesehatan mental, dan menjadi depresi. 

 

4. It’s Okay Not to be Okay

It’s Okay Not to be Okay menjadi salah satu drama populer di tahun 2020 lalu. Drama yang satu ini iuga mengangkat isu tentang kesehatan mental yang dialami oleh Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) dan Go Moon Young (So Ye Ji).

Moon Kang Tae merupakan pengasuh di rumah sakit jiwa, yang memiliki kakak laki-laki autis bernama Moon Sang Tae (Oh Jung Tae). Kehidupan kakak beradik itu berubah semenjak berkenalan dengan Goo Moon Young, seorang penulis buku anak yang memiliki trauma.

5. Our Blues

Our Blues merupakan drama comeback Kim Woo Bin setelah hiatus cukup lama. Drama yang satu ini juga mengangkat tentang isu kesehatan mental, yang dikemas sebagai kumpulan cerita pendek dari kehidupan beberapa warga di Pulau Jeju.

Ada 14 karakter dengan latar belakang yang beragam di drama ini. Setiap episode dari Our Blues menceritakan tentang kisah hidup manis, asam, pahit  satu atau dua karakter.

Di episode keempat, drama ini mulai mengangkat cerita tentang Seon A (Shin Min A) yang mengalami depresi dan membuat sang suami harus mengurus rumah dan pekerjaannya sendiri.

Seon A yang tidur sepanjang hari tidak menyadari kalau waktu telah berlalu. Bahkan ia kerap lupa untuk menjemput sang anak. 

Meski tahu ia tengah bermasalah, tapi ia menolak untuk menjalani terapi yang membuat suaminya pun kecewa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.