Sukses

3 Kabupaten di NTT Terdampak Gempa, 40 Rumah Warga Rusak

Tiga kabupaten yang terdampak yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan Timor Tengah Selatan (TTS)

Liputan6.com, Kupang Gempa 6,6 magnitudo mengguncang tiga kabupaten di NTT pada Kamis 2 November 2923. 

Tiga kabupaten yang terdampak yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan Timor Tengah Selatan (TTS). 

"Sampai dengan saat ini, tercatat tiga kabupaten/kota yang dilaporkan terdampak gempa bumi 6,6 magnitudo," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) Ambrosius Kodo, Jumat (3/11/2023).

Ambrosius menjelaskan fasilitas umum di Kota Kupang yang mengalami kerusakan sedang yaitu kantor gubernur NTT. 

Kemudian kantor pusat bank NTT, kantor DPRD NTT, transmart Kupang, gereja Betel Oesapa Klasis Kota Kupang dan 10 rumah warga.

Sedangkan di kabupaten TTS yaitu SD Inpres Nifubia di Desa Ofu, Kecamatan Kolbano, TTS juga rusak sedang.

"Kami sudah upayakan tim reaksi cepat untuk melakukan kaji cepat dampak bencana gempa bumi pada lokasi-lokasi terdampak. Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansj terkait, TNI dan Polri untuk melakukan pendataan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gedung Pemerintahan

Sementara Kalak BPBD Kabupaten Kupang Semy Tinenty memaparkan 19 gedung pemerintah yang terdampak rusak sedang yaitu kantor Bupati Kupang, Disdikbud, Disdukcapil.

Kemudian Dinkes, Disperindag dan Koperasi, Dinas BKD dan SDM, Dishub, Bepedda, Dinsos, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas PMD, Kesbangpol, Dinas Inspekorat Daerah, Disnakertrans, Dinas Pariwisata, Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kearsipan, dan Perpustakaan, Badan Pengelola Perbatasan, dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selanjutnya, delapan fasilitas umum yang rusak yaitu, Bank NTT KCP Oelamasi, gedung Farmasi Dinkes, Gereja Imanuel Tunhiut. Kemudian Gereja GMIT Ebenhezer Retrain dan Gereja GBI Firdaus di Kecamatan Amarasi Selatan.

Gempa juga merusak gedung gereja Raja Damai Taen di Kecamatan Amfoang Barat Daya, Gereja Pniel Koka di Kecamatan Amarasi Timur, serta SD GMIT Oelpuah di Kecamatan Kupang Tengah.

Kemudian rumah warga antara lain di Desa Kotabes, Kecamatan Amarasi (1) unit, Kecamatan Amarasi Selatan (27) unit. Kelurahan Teunbaun dan Desa Tunbaun di Kecamatan Amarasi Barat masing-masing satu unit, Desa Pakubaun Kecamatan Amarasi Timur tiga unit. 

Sementara Kecamatan Amfoang Barat Laut, Amfoang Barat Daya, dan Amfoang Tengah masing-masing (1) unit, serta Desa Camplong 2, Kecamatan Fatuleu (3) unit dan Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese (1) unit.

"Total rumah warga yang terdampak berjumlah 40 unit," ungkapnya.

Penulis: Ola Keda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini