Sukses

Imbas Kemarau Panjang, Pohon Durian di Gorontalo Gagal Berbuah

Pasalnya, kendala yang dijumpai saat ini, buah durian yang baru muncul bunga mendadak rontok. Tidak hanya itu, banyak pohon durian yang tidak berbuah akibat suhu panas yang melanda tanah serambi madinah.

Liputan6.com, Gorontalo - Musim kemarau yang berkepanjangan di Gorontalo tidak hanya memengaruhi sektor pertanian, tetapi juga berdampak terhadap produksi tanaman perkebunan, terutama buah durian.

Selama 4 bulan lebih kondisi kemarau panjang yang terjadi membuat petani buah durian di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) merugi.

Pasalnya, kendala yang dijumpai saat ini, buah durian yang baru muncul bunga mendadak rontok. Tidak hanya itu, banyak pohon durian yang tidak berbuah akibat suhu panas yang melanda tanah Serambi Madinah.

"Banyak buah durian yang masih berbentuk bunga rontok semua," kata Muhtar salah satu pemilik pohon durian kepada Liputan6.com (16/10/2023).

Menurutnya, kerontokan buah durian ini berlangsung sejak pekan lalu. Saat bunga durian lagi mekar-mekarnya. Usai mekar, buang durian itu mengering dan langsung jatuh.

"Terlihat mengering beserta tangkainya. Kami sudah prediksi jika pohon durian ini kurang asupan air," ujarnya.

Selain itu kata Muhtar, durian yang tidak berbuah diakibatkan cuaca yang begitu panas. Sehingga, memengaruhi cabang durian mengeluarkan buahnya.

"Banyak pohon durian yang tidak produktif tahun ini. Satu pohon terlihat hanya 1 tangkai buah bahkan ada pohon yang tidak berbuah sama sekali," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Air Jauh

Meski tengah dihantam musim kemarau, hal itu tidak membuat Muhtar menyerah. Dibenak pria 50 tahun itu, bagaimana pohon duriannya bisa memproduksi buah yang banyak.

"Menyerah bukanlah solusi, yang saya lakukan mengambil air yang sumbernya jauh dari kebun," katanya.

Dengan tenaga yang tak lagi muda, kata Muhtar, dirinya mengangkut air dari sungai. Dengan menggunakan ember bekas cat, dirinya mengangkut air, agar pohon durian bisa mendapatkan air yang cukup.

"Meski saya sudah berusaha siram, saya rasa itu tidak cukup. Besarnya pohon durian, membutuhkan air yang banyak," ungkapnya.

Dengan kondisi ini, mereka memprediksi bahwa produksi durian di Gorontalo akan turun drastis. Dengan begitu, harganya pun akan cenderung mahal.

"Prediksi saya, buah durian akan mahal karena buahnya sedikit," ia menandaskan.

3 dari 3 halaman

3 Manfaat Durian

1. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang memiliki cangkang berduri ini mampu membantu memberikan efek yang sama.

2. Memperkuat Tulang dan Sendi

Manfaat buah durian bisa dirasakan tulang dan sendi. Durian kaya kalsium, kalium, dan magnesium. Ketiga mineral ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan massa tulang, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki kekuatan serat kolagen.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun merupakan pertahanan tubuh yang penting untuk menangkal penyakit akibat infeksi. Satu di antara vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu vitamin C.

Buah durian memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh sebab itu, buah ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.