Sukses

Muncul Baliho Prabowo-Gibran di Pati, 'Kandang Banteng' Memanas

Jelang Pemilu 2024, tensi politik di 'kandang banteng' Jawa Tengah mulai memanas. Salah satunya dipicu kemunculan baliho Prabowo-Gibran.

Liputan6.com, Pati - Jelang Pemilu 2024, tensi politik di 'kandang banteng' Jawa Tengah mulai memanas. Kondisi tersebut dipicu sejumlah rentetetan peristiwa yang terjadi. Mulai dari peristiwa penganiayaan kader PDIP oleh oknum Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, yang terjadi baru-baru ini. Selain juga munculnya sejumlah baliho bergambar Prabowo Subianto yang bersanding dengan Gibran Rakabuming Raka di Kota Pati.

Tentu saja kehadiran kedua baliho Capres Prabowo dan Wali Kota Solo ini, tentu mengejutkan banyak pihak. Dari pantauan tim Liputan6.com pada Senin (11/9/2023), baliho berukuran raksasa bergambar Prabowo dan Gibran dengan tagline 'Maju Bersama Lintas Generasi' itu, terpampang di dua titik strategis di Kota Pati.

Pemasangan dilakukan di depan SMA 1 Pati atau di ruas Pantura Jalan P Sudirman. Selanjutnya terpasang di samping kiri Tugu Bumi Mina Tani di Jalan Kolonel Sunandar Kota Pati.

Munculnya baliho Prabowo dan Gibran tersebut, langsung direspon bijak oleh Dewan Pembina Relawan Prabowo Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Ia meminta kepada masyarakat dan relawan, untuk menjaga kondisi politik tetap sejuk.

Himbauan itu diungkapkan Bibit waluyo, saat hadir di sela-sela peresmian posko pemenangan Prabowo di Pati, Minggu (10/9/2023). Posko pemenangan Prabowo Subianto Presiden RI 2024-2029, berada di Jalan Pangeran Diponegoro No.34 Kecamatan Pati Kota.

 “Pesta demokrasi adalah mencari pemimpin yang terbaik dari yang terbaik. Saya mengajak saling menghargai dan menghormati. Jangan memancing-mancing situasi, sehingga nanti situasinya tidak baik. Pesta demokrasi ini adalah pestanya rakyat, untuk rakyat, dari kita untuk kita," pinta mantan Gubernur Jateng periode 2008-2013 itu.

Bibit Waluyo mengaku tidak tahu siap yang memasang baliho Prabowo dan Gibran. Ia juga meminta kepada relawan Prabowo di Jawa Tengah khususnya di Pati, agar tidak memasang baliho bergambar Gibran.

"Saya berharap saudara-saudaraku tahan dulu. Jangan membuat suasana yang sudah damai, suasana yang sudah sejuk, rukun, jangan dipancing-pancing sesuatu yang di luar aturan dan norma kaidah hukum. Nanti ada saatnya, kalau sudah saatnya bikin sebanyaknya, sebesar-besarnya tidak masalah," ujar Bibit.

Ia menambahkan, pesta demokrasi adalah mencari pemimpin yang terbaik dari yang terbaik. Karena itu, ia mengajak untuk saling menghargai dan menghormati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipasang Loyalis Prabowo Pati

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pati, Hardi, mengaku kemunculan kedua baliho itu bukan pihak DPC Partai Gerindra yang memasangnya. Namun pemasangan disinyalir oleh para relawan loyalis Prabowo.

”Bukan kita yang pasang, yang kita pasang itu di dekat tugu bandeng, Prabowo sendiri dan Pak Presiden. Relawan kan banyak,” kata Hardi.

Terpisah, Humas Loyalis Prabowo Pati (LPP) Suyitno, justru mengaku senang kemunculan baliho Prabowo dan Gibran ini. Sebab hal itu menunjukkan banyak orang yang mendukung Prabowo Subianto untuk maju sebagai Capres.

”Relawan enjoy-enjoy saja. Karena dengan adanya baliho itu menunjukkan bukan hanya sekadar masyarakat petani yang mendukung Pak Prabowo. Tetapi masyarakat pendukung Pak Prabowo semakin banyak,” imbuh Suyitno. (Arief Pramono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.