Sukses

Komisi VI Gelar Sosialisasi Peran PHE dalam Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T Danaparamaita menggelar sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional

Liputan6.com, Banyuwangi - Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T Danaparamaita menggelar sosialisasi peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam menjaga ketahanan energi nasional. Sosialisasi tersebut digelar di Ballroom Hotel Mahkota, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri elemen masyarakat, stakeholder, tokoh masyarakat, kelompok pemuda, tokoh agama, serta perwakilan pelaku UMKM se-Kabupaten Banyuwangi.

Sonny memaparkan, Pertamina Hulu Energi berperan sebagai Subholding Upstream yang berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional.

Sejak Tahun 2022, PHE berkontribusi sebesar 68 persen produksi minyak nasional dan 34 persen produksi gas nasional.

"Berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), bauran komposisi energi akan berubah perlahan hingga 2050 saat energi baru bakal mendominasi kebutuhan energi di tingkat nasional. Sejalan dengan hal tersebut. Tentunya volume kebutuhan energi fosil pun akan meningkat," ujar Sonny.

Sonny menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, PHE menjalankan strategi melawan laju penurunan alamiah (natural declining rate) melalui pengeboran sumur, perawatan sumur, dan melakukan eksplorasi potensi cadangan minyak dan gas.

"Perlu diketahui juga, PHE juga menjaga keberlanjutan bisnis dengan melakukan pengeboran sumur minyak dan gas, serta eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru minyak dan gas," terangnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transisi Energi Ramah Lingkungan

Selain itu, Sonny juga menyebutkan bahwa dalam rangka mendukung Green Strategy Holding, PHE telah berupaya untuk melakukan berbagai macam program dekarbonisasi.

Salah satunya yakni melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Hal ini tercermin dari proyek gas yang telah onstream seperti Jambaran Tiung-Biru (JTB) di Jawa Timur, dan temuan potensi cadangan gas melalui pengeboran sumur eksplorasi di beberapa wilayah Indonesia.

"Seluruh strategi yang dijalankan itu tentu memiliki kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit," paparnya

Dengan demikian menurut Sony, PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, termasuk upaya langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional bisa berjalan dengan lancar bertujuan untuk menjaga ketahanan energi nasional.

" Ini tentunya perlu dukungan dari berbagai aspek. Termasuk lahgkah- langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasionalnya berjalan dengan lancar," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.