Sukses

AP II Terapkan Aplikasi Travelin, Termasuk di Bandara Pekanbaru, Apa Saja Fiturnya?

PT Angkasa Pura II sebagai pengelola 20 bandara di Indonesia, telah menerapkan aplikasi Travelin termasuk di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Liputan6.com, Pekanbaru - PT Angkasa Pura II sebagai pengelola 20 bandara di Indonesia, termasuk Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, telah menerapkan digitalisasi layanan penerbangan. Digitalisasi tersebut diterapkan melalui aplikasi Travelin dan terus dikembangkan guna memberikan pengalaman terbaik perjalanan udara bagi masyarakat.

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan menjelaskan, Aplikasi Travelin sudah bisa diunduh di platform iOS dan Android. Ada beraneka ragam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut.

"Pengguna Travelin bisa menemukan ragam informasi atau layanan supaya bisa lebih nyaman dan mudah dalam bepergian melalui Bandara SSK II Pekanbaru," ujar Irawan, Selasa siang, 15 Agustus 2023.

Irawan mengatakan, Bandara SSK II Pekanbaru pada Aplikasi Travelin ada halaman beranda kiri atas. Setelah mengklik itu, pengguna bisa memilih informasi serta layanan di Bandara Pekanbaru.

Pengguna bisa mendapatkan Before You Fly (sebelum melakukan penerbangan) atau While You Are Here (saat berada di bandara). Pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: E-check in, Transportation (transportasi publik), Shop & Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM.

Pada fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui aplikasi Travelin. Pada fitur Shop & Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh tenant yang ada di bandara.

"Kemudian pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium seperti misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di bandara," terang Irawan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi Destinasi Wisata

Kemudian pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: Tourism, Wi-Fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services.

Pada fitur Tourism, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota di mana bandara berada. Kemudian pada fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapatkan informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di bandara.

"Kemudian pada fitur Emergency, penggua bisa langsung terhubung dengan personel di bandara saat membutuhkan bantuan," lanjut Irawan.

Tidak hanya itu, aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di bandara. Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time.

"Informasi penerbangan di Travelin ini terkoneksi dengan Flight Information Display System (FIDS) di Bandara SSK II Pekanbaru, sehingga bisa menjadi rujukan pengguna untuk mengetahui jadwal penerbangan," jelas Irawan.

Di aplikasi Travelin, pengguna juga dapat membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti TravelinPass.

Layanan TravelinPass memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.