Sukses

Ini Refleksi 62 Tahun Gerakan Pramuka Bagi Karakter Anak Didik di Tanah Air

Sebab, pramuka sendiri banyak mengambil bagian dalam pembangunan di indonesia, salah satunya pembangunan karakter manusia.

Liputan6.com, Gorontalo - Gerakan Pramuka telah berumur ke-62, Senin (14/8/2023). Menginjak usia tersebut, dapat dikatakan bahwa pramuka merupakan gerakan yang organisasi yang telah berjasa mengawal dan menjaga negeri ini dari masa ke masa.

Peran pramuka sendiri tidak bisa dikesampingkan oleh negara indonesia. Sebab, pramuka sendiri banyak ambil bagian dalam pembangunan di indonesia, salah satunya pembangunan karakter manusia.

Organisasi yang memiliki kepanjangan Praja Muda Karana ini merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Gerakan Pramuka dikenal mandiri, artinya penyelenggaraan organisasi dilakukan secara otonom dan bertanggung jawab.

Selain mandiri, Gerakan Pramuka bersifat sukarela, atau kesediaan seorang anggota Pramuka, secara suka dan rela menaati ketentuan dan peraturan di lingkungan organisasi.

Seperti halnya sejak dini, siswa akan mendapatkan berbagai manfaat yang akan berguna bagi kehidupannya sehari-hari. Diantaranya adalah menjadi pribadi yang lebih mandiri, melatih kedisiplinan, gotong royong dan kebersamaan.

"Yang paling berharga anak saya ikut gerakan pramuka adalah kepedulian kepada sesama hingga alam semesta. Melatih mental kepemimpinan dan kreativitas," kata Ais Muslim salah satu orang tua siswa di Provinsi Gorontalo.

Menurut Ais, ada beberapa kegiatan pramuka yang dilakukan dalam rangka melatih rasa disiplin. Diantaranya, latihan rutin, upacara penerimaan pramuka penegak tamu, kemah pelantikan penegak calon, kegiatan ibadah, kegiatan bakti hingga bakti kemasyarakatan.

"Ini yang paling berkesan ketika mendorong anak saya untuk masuk di gerakan pramuka. Apalagi organisasi pramuka terstruktur dari tingkat pusat hingga ranting," ujarnya.

Tidak hanya itu, sebagai organisasi kepemudaan, pramuka salah satu wadah bagi pemuda untuk mengaktualisasikan diri dalam pembangunan. Hal itu sejalan dengan misi Gerakan Pramuka Indonesia, yakni mengarahkan dan menjadikan kaum muda sebagai agen of change atau pelopor perubahan.

"Sejak anak saya gabung di gerakan pramuka, sikap kesehariannya mulai berubah. Anak saya SMP dan perubahannya mulai terlihat," ujarnya.

"Harapan saya kepada orang tua siswa di mana saja berada, dorong anak kalian untuk masuk ke pramuka. Jangan biarkan anak kita bergantung pada kita semata," ia menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.