Sukses

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Pastikan Stok LPG 3 Kg Lebih dari Cukup

Respons cepat dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan stakeholder terutama Pertamina terkait kelangkaan LPG 3 Kg yang sempat terjadi. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memastikan saat ini stok LPG 3 Kg di Sumut cukup.

Liputan6.com, Medan Respons cepat dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan stakeholder terutama Pertamina terkait kelangkaan LPG 3 Kg yang sempat terjadi. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memastikan saat ini stok LPG 3 Kg di Sumut cukup.

Ada empat daerah yang mengalami kelangkaan LPG, antara lain Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deli Serdang, dan Batubara. Hal ini langsung direspons Pemprov Sumut serta stakeholder terkait, dengan menambah jumlah stok dan menyalurkan ke daerah-daerah yang mengalami kelangkaan.

"Saya dapat laporan, seminggu terakhir terjadi kelangkaan di Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Batubara. Kita langsung berkoordinasi, dan Pertamina menambah stok di daerah tersebut 357.280 tabung LPG 3 Kg," kata Edy Rahmayadi saat konferensi pers di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Senin (31/7).

Gubernur Edy juga mengatakan, ada pihak-pihak yang memanfaatkan kemungkinan peningkatan konsumsi LPG 3 Kg saat Idul Adha hingga 1 Muharram. Berdasarkan data Pertamina, ada kenaikan konsumsi sebesar 2 persen dari periode tersebut, namun secara kuota melebihi kebutuhan di Sumut.

"Kalau kuota di kita malah lebih, hampir dua kali lipat dari total kebutuhan. Kita butuh sekitar 212.000 per hari, setelah penguatan menjadi 357.280. Kalau tidak sampai ke masyarakat, berarti ada yang bermain, ada yang memanfaatkan kenaikan konsumsi gas LPG 3 Kg," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Oknum Oplos Lpg 3 Kg

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, pada kesempatan itu menjelaskan, ada distributor yang mengoplos tabung gas LPG 3 Kg ke gas biasa. Pihaknya sudah mengamankan oknum tersebut, dan terus memantau distribusi LPG 3 Kg.

"Ada diamankan tiga orang yang sedang mengoplos, memindahkan gas untuk rakyat miskin menjadi gas untuk rakyat mampu. Sekarang kita sedang mengejar pemilik distributor gas tersebut," sebutnya.

Diungkapkan Kapolda Agung, Polda Sumut juga terus memantau pendistribusian LPG 3 Kg, serta memastikan agen-agen dan distributor, supaya benar-benar melakukan tugasnya.

"Juga, LPG 3 Kg sampai kepada masyarakat yang berhak menerima," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Laporkan ke Polisi Jika Ada Kejanggalan

Kapolda Agung mengimbau agar masyarakat segera melaporkan ke polisi bila menemukan kejanggalan dalam pendistribusian gas.

"Bila menemukan, segera lapor ke kami atau lewat 110," tandasnya.

Hadir dalam konferensi pers, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut, Idianto, Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko, dan Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut serta jajaran Pertamina Patra Niaga Sumbagut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini