Sukses

Kebakaran Melalap Puluhan Rumah Warga di Telanaipura Jambi

Kebakaran hebat melalap rumah warga di kawasan padat penduduk di Lorong Kadet Legiman, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

 

Liputan6.com, Jambi - Kebakaran hebat melalap setidaknya lebih dari 30 unit rumah di kawasan padat penduduk di belakang Puskesmas Putri Ayu, Lorong Kadet Legiman, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura Jambi, Kamis (27/7/2023). 

Kadis Damkar Kota Jambi Mustari Affandi mengatakan, api dengan cepat menghanguskan rumah warga yang sebagian besar terbuat dari bahan material kayu. Pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat telah terjadi kebakaran sekitar kurang lebih pada pukul 08.43 WIB.

"Armada Damkar yang diterjunkan sebanyak 13 unit yang dibantu pihak PDAM dan tim medis," katanya.

Mustari menjelaskan, kebakaran di Telanaipura Jambi itu bermula saat seorang warga meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci, sedangkan kompornya dibiarkan masih menyala karena sedang memasak.

Kemudian, dapurnya terbakar dan api dengan sangat cepat menyebar ke rumah-rumah yang berada di sekitarnya yang terbuat dari kayu.

"Saat itu pintu rumah sudah dikunci, didobrak, ada ledakan yang diduga berasal dari kompor gas," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerugian Ditaksir Rp1 Miliar

Mustari menyampaikan Damkar sampai ke lokasi kebakaran setelah enam menit kemudian. Api dapat dipadamkan kurang lebih 1 jam 30 menit. Atas peristiwa kebakaran ini beruntungnya, tidak ada korban jiwa.

Total rumah yang terbakar sebanyak 30 rumah lebih dan saat ini masih dalam proses pendataan, sedangkan untuk kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Atas kejadian kebakaran tersebut, Mustari menghimbau masyarakat untuk berhati-hati saat meninggalkan rumah. Masyarakat diminta mengecek kembali jaringan listrik dan kompor dan memastikan bahwa seluruh listrik dan kompor sudah dalam keadaan mati saat meninggalkan rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.