Sukses

Ada Gelaran Asia Africa Festival, Jalan Asia Afrika Bandung Ditutup pada Akhir Pekan Ini

Penutupan Jalan Asia Afrika dilakukan selama gelaran Asia Afrika Festival.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung mengumumkan bahwa beberapa ruas jalan di Kota Bandung akan ditutup untuk sementara pada akhir pekan ini, Sabtu, 29 Juli 2023. Penutupan jalan dilakukan sehubungan diselenggarakannya Asia Africa Festival (AAF).

Merujuk informasi yang dirilis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Bandung, Rabu, 26 Juli 2023, penutupan jalan akan berlaku di Jalan Asia-Afrika (dari Hotel Preanger sampai Jembatan KAA). Lalu Jalan Braga Pendek, serta Jalan Dr Ir Soekarno atau Jalan Cikapundung Timur.

Dengan adanya penutupan jalan tersebut, lalu lintas akan diarahkan ke Jalan Naripan hingga ke Jalan Tamblong.

Dijadwalkan, Asia Africa Festival akan berlangsung selama tiga jam, dari pukul 14.00-17.00 WIB. Penutupan jalan dilakukan sejam sebelum acara dimulai, yakni ditutup mulai pukul 13.00 WIB, hingga pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, Kepala Bidang Produk Budaya dan Kesenian Pertama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Ratnarahayu Pitriyati menyampaikan, salah satu rangkaian kegiatan AAF pawai di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Total peserta pawai sebanyak 250 orang. Mereka akan merepresentasikan Asia Afrika dengan baju khas masing-masing negara.

"Sampai dengan saat ini sudah ada 4 negara. Negara lainnya sedang menunggu undangan dari Kementrian Luar Negeri. Jadi kami akan memaksimalkan yang ada dulu saja. Bagaimanapun juga ini merupakan hajat pertama yang cukup lumayan besar setelah pandemi," kata dia.

"Ada juga 6 kabupaten kota lainnya yang ingin ikut serta juga dalam acara Asia Africa Festival ini," imbuh Ratna.

Selain itu, acara tersebut turut melibatkan 13 komunitas yang akan imeramaikan pawai di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk membahas pengalihan arus lalulintas saat acara ini digelar.

"Melalui kegiatan ini juga kita bisa mengenalkan potensi yang ada di Kota Bandung. Akan ada 4-5 negara yang ikut dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," kata Ema.

"Saya juga tidak izinkan sampai malam. Ini cuma sampai pukul 18.00 WIB. Sebab kalau sudah semakin malam, tidak akan kondusif dan kita hindari hal-hal yang tidak diinginkan," tandas Ema.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini