Sukses

Laman Baru Twitter Diblokir di Indonesia, Begini Cara Mengaksesnya

Saat diakses menggunakan layanan internet salah satu operator telekomunikasi, di situ tertulis "Situs Diblokir".

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengguna Twitter kembali dibuat heboh dengan logo terbaru yang dirilis oleh Elon Musk. Kini logo ikonik "burung biru" sudah tidak digunakan dan diganti dengan logo bergambar "X" yang berpadu dengan warna hitam dan putih.

Pergantian logo baru Twitter ini diumumkan pada Minggu (23/7/2023). Namun rupanya, pergantian logo juga diikuti dengan laman resmi perusahaan dari twitter.com berubah menjadi X.com.

X.com sekarang mengarah ke https://twitter.com/. Logo Interim X ditayangkan hari ini," kata Elon melalui akun Twitter, @elonmusk.

Hanya saja, laman resmi Twitter yang beralih menjadi X.com tidak bisa diakses di Indonesia. Sebagian pengguna internet di Indonesia diketahui tidak dapat mengakses url baru Twitter yakni X.com pada Selasa (25/7/2023).

Ketika tautan tersebut diakses akan redirect ke halaman Internet Baik. Saat diakses menggunakan layanan internet salah satu operator telekomunikasi, di situ tertulis "Situs Diblokir".

Pemblokiran ini dilakukan oleh penyedia layanan internet. Alasan pemblokiran umumnya karena situs yang diakses dianggap memiliki konten negatif.

Seiring perjalanan waktu, X.com kemungkinan akan segera masuk daftar "situs putih" yang dapat diakses kapan pun. Sampai waktu itu tiba, pengguna bisa memanfaatkan VPN untuk mengaksesnya.

VPN (Virtual Private Network) adalah koneksi jaringan privat di antara beberapa perangkat melalui internet. VPN akan menyembunyikan alamat IP pengguna dan mengenkripsi data agar tidak bisa dibaca siapa pun yang tidak berhak menerimanya.

Penyedia layanan VPN cukup banyak saat ini, baik yang gratis dan berbayar. Pengaksesan VPN bisa dilakukan lewat PC atau pun smartphone.

Saat menggunakannya, buka tab "Igcognito" atau jendela samaran, lalu aktifkan layanan VPN. Saat mengakses sebuah alamat, jaringan internet otomatis akan memanfaatkan VPN gratis yang disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini