Sukses

Viral Video Jembatan Berbayar Rp5 Ribu di Pantai Carita, Pemiliknya Minta Maaf

Sebuah video yang memperlihatkan pemuda meminta uang Rp5 ribu ke wisatawan saat menyeberangi jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu, viral di media sosial (medsos).

Liputan6.com, Pandeglang Sebuah video yang memperlihatkan pemuda meminta uang Rp5 ribu ke wisatawan saat menyeberangi jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu, viral di media sosial (medsos). Jembatan sederhana itu membentang di hulu muara sungai yang membelah Pantai Wara-wiri, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pungutan liar (pungli) penyeberang jembatan itu diduga terjadi pada Minggu, 2 Juli 2023 saat libur panjang Idul Adha 1444 H, kemudian videonya beredar luas pada Senin, 3 Juli 2023. Anggota komplotan jembatan berbayar itu sekitar 20 orang.

"Pelaku ada 20 orang, tapi yang diamankan itu yang punya jembatannya dua orang, yang lain anak buahnya," ujar Sandi Wyasa, Kades Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (04/07/2023).

Kedua orang yang diamankan oleh Polsek Carita berinisial DD dan Sa, warga Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Keduanya hanya diberi teguran dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.

Keduanya mendatangi Polsek Carita pada Selasa siang, 4 Juli 2023, sekitar pukul 12.00 WIB untuk memberikan keterangan kepada polisi.

"Kita undang, dia langsung pada datang ke sini jam 12.00 WIB. Hanya musyawarah dan permintaan maaf, dia janji tidak diulangi lagi," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Kayu Disita Polisi

Sedangkan, barang bukti berupa dua buah jembatan yang tampak di video viral tersebut disita Polsek Carita. Aparatur desa berjanji akan membuat jembatan agar bisa dilalui wisatawan secara gratis.

"Mudah-mudahan nanti coba kita bicarakan, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan buatkan jembatan gratis," jelasnya.

Akun Instagram @polsekcarita2023 mengunggah video permohonan maaf dari seorang pria yang diduga pemilik jembatan berbayar Rp5 ribu tersebut. Pemuda itu mengenakan jaket warna merah dan bercelana pendek warna gelap.

Berikut permohonan maaf dan janji pria tersebut, tidak akan mengulangi perbuatan yang sama:

"Kami atas nama pemilik jembatan penyeberangan di alur sungai carita yang viral dengan pungutan sebesar Rp5 ribu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Carita dan saya berjanji tidak akan mengulangi lagi, semenjak pernyataan ini kami sampaikan dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun," begitu ucapnya, dikutip Selasa, 4 Juli 2023, pukul 17.51 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini