Sukses

Nanas dan Nangka Crispy ala Purbalingga, Cuma Segini Harganya

Ada 4 buah yang telah ia produksi di Desa Selakambang RT 01 RW 08 Kecamatan Kaligondang, Purbalingga menjadi keripik, yakni pisang, salak, nanas, dan Nangka

Liputan6.com, Purbalingga - Salah satu makanan bergizi yang baik dikonsumsi adalah buah-buahan karena kaya kandungan vitamin dan mineral. Kelemahannya, buah segar akan cepat busuk.

Inilah yang banyak menjadi alasan orang-orang kreatif untuk membuat olahan dengan bahan baku utama buah-buahan yang bisa dikonsumsi kapan saja dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Salah satunya Pujiarto (33) yang telah memproduksi keripik buah dengan merk “Mboke Inyong” sejak bulan Agustus 2020. Ada 4 buah yang telah ia produksi di Desa Selakambang RT 01 RW 08 Kecamatan Kaligondang menjadi keripik, yakni pisang, salak, nanas, dan Nangka.

“Bahan baku buah juga mudah di dapat di sekitar sini,” katanya, dalam keterangan tertulis Dinkominfo Purbalingga.

Saat ini dirinya bisa memproduksi 2 kwintal bahan baku untuk semua jenis buah per hari yang menghasilkan 300 bungkus ukuran 50 gram.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Keripik Buah

Harga jual per bungkusnya Rp. 12.000,- dan dipasarkan dengan bantuan Dinkopukm Purbalingga melalui Tuka-tuku, toko-toko retail, took oleh-oleh di Kota Tegal, dan reseller di Medan, Lampung, Jambi, Palembang, Sukabumi, Jabodetabek.

Selain itu, dia juga memasarkan melalui tokopedia, Mbokeinyong#keripikbuah dengan harapan usahanya semakin maju dan berkembang. Pujiarto pun berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinkopukm yang telah membantu pemasaran dan berbagai pelatihan.

“Sangat terbantu dalam fasilitas pemasaran produk melalui Tuka-tuku Purbalingga, Alfamart, Indomart, dan fasilitas pelatihan UMKM,” pungkasnya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.