Sukses

Ratusan Penumpang Arus Balik di Jalur Limbangan Garut Terlantar Imbas Macet

Berdasarkan informasi kepolisian kondisi arus lalu lintas dari arah timur menuju barat terutama dari Tasikmalaya menuju Bandung via jalur Limbangan-Malangbong, Garut, terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Liputan6.com, Garut - Akibat macet di jalur mudik nasional III wilayah Tasikmalaya, ratusan calon penumpang arus balik terlantar di salah satu pool bus AKAP jalur mudik Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, selama berjam-jam.

"Kami menunggu berjam-jam dari pagi sampai sekarang bisnya belum datang juga," ujar Sumiati, salah satu calon penumpang arus balik lebaran 2023 asal Cibiuk, Garut, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya, berdasarkan informasi kepolisian kondisi arus lalu lintas dari arah timur menuju barat terutama dari Tasikmalaya menuju Bandung via jalur Limbangan-Malangbong, Garut, terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Walhasil, kendaraan bus yang akan membawa para pemudik arus balik 2023 di salah satu pool bis AKAP tersebut terhambat. "Tujuan kami ke Cikarang Bekasi setelah pulang mudik dari Cibiuk, Kabupaten Garut," kata dia.

Ia mengaku pertama kali masuk pool bus sekitar pukul 9.00 WIB pagi, tetapi hingga pukul 13.00 WIB lebih siang ini, bus yang mereka belum juga datang. "Saya dengar katanya dari Tasiknya terlambat akibat macet," kata dia.

Dibanding arus balik tahun lalu, dia menilai proses kepulangan tahun ini lebih parah. Selain antrean yang lebih panjang, masa tunggu kedatangan bus lebih lama.

"Kami juga meski siap menghadapi antrian kemacetan di jalan raya," kata dia pasrah.

Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat menyatakan, keluhan disampaikan ratusan penumpang arus balik di jalur Limbangan, karena keterlambatan kedatangan bus dari arah Tasikmalaya akibat macet.

"Kalau di wilayah Malangbong hingga Limbangan ini kami sudah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas demi mengupayakan mengurai arus lalu lintas setiap terjadi kepadatan yang signifikan," kata dia.

Saat ini, arus kendaraan dari dua arah baik dari timur ke barat yang melakukan arus balik 2023 atau sebaliknya dalam kondisi macet. Hadirnya beberapa titik trouble spot di jalur Limbangan-Malangbong, Garut, seperti pasar menjadi penyebabnya.

"Hari ini sebanyak 35 ribu kendaraan yang masuk jalur ini dan lebih meningkat dari hari-hari sebelumnya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.