Sukses

Jangan Takut Kolesterol! Ini Trik Sederhana Nikmati Makanan Bersantan Saat Lebaran Idul Fitri

Dari opor ayam hingga rendang, makanan-makanan yang selalu tersaji di meja makan saat Lebaran memang terlihat menggoda. Apalagi semuanya cocok untuk dinikmati dengan potongan kupat.

Liputan6.com, Jakarta - Hidangan khas Lebaran memang identik dengan makanan bersantan. Padahal santan kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Lalu bagaimana bisa menikmati opor ayam tanpa khawatir?

Dari opor ayam hingga rendang, makanan-makanan yang selalu tersaji di meja makan saat Lebaran memang terlihat menggoda. Apalagi semuanya cocok untuk dinikmati dengan potongan kupat.

Tapi yang perlu diingat adalah, hampir semua hidangan khas Lebaran mengandung santan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi santan juga kerap diidentikan dengan kolesterol tinggi hingga obesitas.

Bahkan American Heart Association menyebut bahwa batas kalori lemak jenuh yang baik dikonsumsi adalah sekitar 6 persen dari lemak total. Sementara pada santan, lebih dari 51 gram lemak yang terkandung adalah lemak jenuh.

Jika kamu khawatir dengan konsumsi santan berlebih saat Lebaran, berikut adalah beberapa tips dan trik menikmati makanan bersantan khas Lebaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Aman Konsumsi Santan Saat Lebaran

1. Pilih Satu Jenis Makanan

Jika dalam satu meja terdapat opor ayam, rendang, sambal goreng, pilih salah satu makanan yang paling kamu suka. Selain itu, sebaiknya konsumsi satu kali dalam sehari.

Kamu bisa memilih untuk makan rendang atau opor untuk sarapan atau makan siang. 

2. Kurangi Jumlah Kuah

Kamu bisa menikmati opor ayam saat Lebaran dengan sedikit kuah atau bahkan tanpa kuah. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir asupan santan.

3. Makan dengan Porsi Kecil

Makan dalam porsi kecil juga bisa membantu untuk meminimalisir asupan santan berlebih saat Lebaran. Dan sebaiknya tidak menambah porsi makan dari biasanya.

4. Imbangi dengan Makanan Kaya Serat

Pastikan juga kamu untuk mengimbanginya dengan sayuran dan buah-buahan. Misalkan, jika kamu memilih untuk makan opor ayam sebagai sarapan, gunakan jam makan siang dan malam untuk makan sayuran.

Di sela-sela jam makan siang dan malam, kamu juga bisa menikmati buah segar untuk menambah asupan serat.

5. Tidak Mencampurnya dengan Jeroan

Pastikan juga bahwa hidangan bersantan yang akan kamu makan saat Lebaran tidak mengandung jeroan dan telur. Karena keduanya sama-sama mengandung kolesterol tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran

1. Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Hindari makanan yang tinggi lemak dan ganti dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian. Hindari makanan yang digoreng atau berminyak dan pilih cara memasak yang lebih sehat seperti memanggang atau merebus.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Pastikan kamu minum banyak air putih setelah makan santan. Air putih membantu membersihkan tubuh dari racun dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Olahraga 

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga untuk membantu membakar kalori dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan konsumsi santan yang berlebihan.

Itu dia beberapa tips sederhana supaya kamu bisa menikmati hidangan khas Lebaran tanpa khawatir berat badan naik dalam sekejap. Yang perlu diingat adalah, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan bersantan asal tidak berlebihan. 

Pastikan juga untuk tetap mengimbanginya dengan makanan sehat juga olahraga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini