Sukses

Volume Kendaraan Terpantau Meningkat di GT Palimanan Cipali

Pemantauan tersebut dalam rangka memastikan pengamanan arus mudik gelombang pertama pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Cirebon Suasana mudik lebaran 2023 mulai terasa di jalur Pantura Cirebon. Selain kereta api, volume kendaraan terpantau meningkat di jalur tol.

Seperti terpantau di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali. Volume kendaraan diperkirakan bertambah. Pantauan dilakukan langsung oleh Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman beserta jajarannya. 

"Kami memantau langsung dan sepertinya mulai ada kenaikan mengingat pekan ini diprediksi akan ramai dan bisa jadi puncak arus mudik 2023 gelombang pertama" kata Arif Budiman, Jumat (14/4/2023) malam. 

Pemantauan tersebut dalam rangka memastikan pengamanan arus mudik gelombang pertama pada akhir pekan ini.

Saat ini arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mulai mengalami peningkatan dibanding hari biasanya. 

Data hasil traffic counting di GT Palimanan, tercatat ada lonjakan arus lalu lintas pada Jumat malam mencapai 10 persen.

"Sesuai arahan Bapak Kapolda Jabar, bahwa pada akhir pekan ini diprediksi terjadi arus mudik gelombang pertama. Kami sudah menyiapkan semuanya," ujar dia. 

Berbagai kesiapan menyambut arus mudik lebaran 2023 dilakukan. Arif mengaku sudah menyiagakan personil jaga di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Baik di jalur arteri, GT Palimanan Cipali maupun rest area. Penempatan personil tersebut untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Kendaraan

Ia mengatakan, jumlah kendaraan yang melintasi GT Palimanan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dalam kurun tiga jam terakhir tercatat mencapai 3500-an unit. 

Jumlah tersebut meningkat 5 persen dibandingkan kondisi arus lalu lintas harian normal saat akhir pekan.

Arif memprediksi lonjakan volume kendaraan pemudik meningkat pada arus mudik gelombang dua pekan depan. Sementara puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu dan Kamis mendatang.

"Kami juga siagakan tim urai berjaga di titik-titik rawan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik," kata Arif Budiman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.