Sukses

5 Makanan Khas Bangka Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Berikut makanan Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan.

Liputan6.com, Bangka - Berada tepat di lepas pantai timur Sumatra Selatan, Bangka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan. Bangka Belitung memang memiliki keindahan alam yang memesona, sehingga bisa dengan mudah menggaet para wisatawan.

Dikenal sebagai wilayah penghasil timah sejak zaman kolonial, Bangka Belitung tak hanya menawarkan pesona keindahan alam. Negeri Laskar Pelangi ini juga memiliki ragam kuliner yang wajib dicoba. 

Berikut makanan Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan.

1. Berego

Jika burgo merupakan sajian khas Sumatra Selatan, maka berego adalah versi khas Pulau Belitung. Hidangan berkuah ini sekilas mirip dengan lontong sayur.

Burgo ataupun berego menggunakan adonan tepung beras dan tepung sagu yang dikukus. Setelah dikukus, adonan kemudian digulung agar bisa disantap sambil menikmati kuah dan sambal.

Untuk kuahnya, berego menggunakan campuran santan dengan aneka rempah dan potongan ikan bulat. Sementara burgo biasanya menggunakan ikan gabus atau udang rebon sebagai campuran.

2. Mie Belitung

Mie Belitung menjadi sajian yang wajib dicoba saat berkunjung ke wilayah ini. Sajian ini memiliki kuah udang yang gurih dengan campuran kecap manis lokal.

Kecap tersebut memiliki karakter rasa yang tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan di Jawa. Hidangan mie kuning ini juga dibubuhi aneka topping, seperti potongan kentang rebus, taoge, tahu goreng, bakwan, dan emping.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mi Koba

3. Mie Koba

Selain mie Belitung, ada juga sajian mie lain yang bisa kamu coba, yaitu mie koba atau mie ikan Bangka. Sajian ini memiliki kuah ikan tenggiri yang segar karena kehadiran perasan jeruk kunci.

Meski secara tampilan mie koba mirip dengan mie Belitung, tetapi topping-nya jelas berbeda. Mie koba lebih sederhana dengan berbekal topping telur rebus, taoge, seledri, dan bawang goreng.

4. Sup Gangan

Sup gangan merupakan hidangan berkuah dengan protein utama ikan bulat atau ikan tenggiri. Sajian ini memiliki kuah yang segar karena terdapat nanas dan asam jawa sebagai campuran bahan yang digunakan.

Sementara warna kuning pada sup gangan berasal dari kunyit. Selain itu, kuliner ini juga dilengkapi bumbu lainnya, seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi.

5. Tahu Kok

Tahu kok biasanya dinikmati sebagai camilan berkuah dengan sayuran dan bakso ikan. Namun, tak jarang sajian ini juga dipadukan dengan mie Belitung atau bakmi Bangka.

Tahu kok merupakan tahu kuning yang sudah digoreng, kemudian dibelah dua tetapi tidak putus. Selanjutnya, tahu tersebut diisi dengan adonan ikan tenggiri.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.