Sukses

Tradisi Seni Hingga Kuliner Cirebon Masuk Warisan Budaya Tak Benda Jabar 2023, Apa Saja?

Sembilan karya budaya milik Kota Cirebon masuk ke dalam 54 karya budaya yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2023.

Liputan6.com, Cirebon - Sembilan karya budaya milik Kota Cirebon masuk ke dalam 54 karya budaya yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2023.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) Benny Bachtiar, penetapan ini menjadi salah satu bagian terpenting bagi kita untuk menjaga dan melestarikan karya budaya.

"Budaya menjadi kekuatan untuk memajukan sektor pariwisata serta industri kreatif,” ungkapnya saat mengumumkan penetapan 54 karya budaya sebagai WBTB 2023, Selasa, (28/022023) lalu.

Disparbud Jabar bersama Tim WBTB Jabar menetapkan hal tersebut setelah melalui beberapa tahapan. Mulai dari pengusulan karya budaya oleh dinas-dinas yang membidangi kebudayaan di 27 kabupaten/kota se-Jabar.

Pengkajian usulan karya budaya oleh tim ahli, serta sidang penetapan WBTB Jabar 2023 yang dilaksanakan pada 7-8 Desember 2022 lalu.

Benny berharap, ke depannya 54 karya budaya yang ditetapkan sebagai WBTB bisa dioptimalkan menjadi atraksi untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara berkunjung ke Jabar.

“Apabila kita melihat dari hasil WBTB yang telah ditetapkan pada tahun 2023, alhamdulillah ini kelihatannya lebih banyak dari Cirebon Raya dan Priangan," ujarnya.

Penetapan WBTB tersebut, kata dia merupakan salah satu ruang dan peluang besar untuk ditawarkan kepada para wisatawan. 

Terlebih di tahun ini Bandara Kertajati sudah diaktifkan untuk penerbangan komersial.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar WBTB Cirebon

Adapun 9 karya budaya asal Kot Cirebon yang dinobatkan sebagai WBTB Jabar 2023, antara lain: 

Kerupuk Mlarat

Merupakan jajanan yang biasanya disajikan dengan sambal asam. Makanan ini menggugah selera apabila disantap pada musim kemarau dan dapat menambah semangat bekerja. 

Disebut demikian karena dalam proses pembuatannya tidak menggunakan minyak gorng meainkan disanggrai dengan pasir sungai yang sudah dibersihkan.

Nadran Cirebon

Merupakan tradisi pesta laut para nelayan yang dilakukan di pesisir utara Cirebon seperti Gebang, Losari, dan Gunung Jati. Sering juga disebut labuh saji atau sedekah laut. 

Ritual ini dilakukan dengan melarungkan sesajen sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki lewat laut. 

Nyiram Gamelan Sekaten Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon rutin setiap menjelang Maulid Nabi,mengeluarkan gamelan sekaten untuk dibersihkan melalui Ritual Nyiram Gong Sekaten. 

Ritual ini adalah alarm bahwa bagi siapa pun untuk selalu menyucikan diri dari segala godaan. Momen ini menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat untuk berebut sisa air cucian gamelan yang hanya muncul sekali setiap tahun.

Sega Bogana

Kuliner yang mirip nasi tumpeng ini menjadi makanan sakral yang selalu hadir di setiap acara di empat Keraton yang ada di Cirebon. 

Penamaan kuliner ini sendiri berasal dari istilah bahasa Sunda saboga-bogana atau saaya-ayana, yang berarti seada-adanya atau semampunya.

Tradisi Bekaseman Ikan Keraton Cirebon

Merupakan sajian olahan ikan laut hasil fermentasi yang hanya mucul pada saat perayaan Maulid Nabi di Keraton Kacirebonan.

Biasanya ikan difermentasikan ke dalam guci selama 1 bulan. Jenis ikan di dalamnya termasuk, kakap, tenggiri, dan beberapa lainnya yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Tradisi Ngapem Keraton Cirebon

Tradisi nagapem dilakukan dengan menbuat kue ape di dalam keluarga keraton di Cirebon saat bulan Safar. Hal itu sebagai wujud untuk meminta keselamatan kepada Tuhan agar terhidanda dari bahaya.

Pasalnya bulan Safar dinilai sebagai bulan yang penuh dengan wabah penyakit.

Tradisi Tawurji Keraton Cirebon

Upacara Tawurji rutin digelar setiap bulan safar dan dalam pelaksanaannya diiringi dengan sayir dan doa yang bermakna kebaikan dan panjang umur. Istilh Tawurji berasal dari dua kata yaitu tawur dan aji. 

Kegiatan ini disimbolkan dengan uang yang dibagikan beramai-ramai kepada masyarakat sekitar Keraton.

Docang

Merupakan makanan yang terbuat dari potongan lontong dan parutan kelapa, daun sngkong, daun kucai , toge dan kerupuk. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom.

Sega Jamblang

Nama jamblang sendiri merupakn sebuah daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon.ciri khas makanan ini yakni menggunakan daun jati sebagai ‘piring’. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Tahun ini 54 karya budaya yang ditetapkan terdiri dari 31 karya budaya hasil sidang penetapan WBTB Jabar dan 23 karya budaya lainnya dari pencatatan WBTB Jabar Indonesia. 

Rekomendasi penetapan yang disampaikan kepada Kadisparbud Jabar ini menjadi dasar bagi pengusulan untuk menjadi WBTB Indonesia 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.