Sukses

Selain Suzume no Tojimari, Ini 5 Film Karya Makoto Shinkai

Makoto Shinkai merupakan sutradara baru yang melakukan gebrakan lewat film anime berjudul Your Name, yang dirilis pada 2016 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Film anime terbaru karya Makoto Shinkai yang berjudul Suzume no Tojimari, baru saja dirilis di bioskop, Rabu (8/3/2023). Namun sebelumnya, sutradara anime yang satu ini sudah mengeluarkan beberapa karya yang juga seru untuk ditonton.

Belakangan, anime memang menjadi salah satu budaya paling populer, yang juga menjadi salah satu genre film yang paling banyak ditonton. Ratusan film anime baru ditayangkan di TV dan ditayangkan di film-film di Jepang setiap tahun. Salah satunya adalah film karya Makoto Shinkai.

Makoto Shinkai merupakan sutradara baru yang melakukan gebrakan lewat film anime berjudul Your Name, yang dirilis pada 2016 lalu. Film tersebut telah menjadi hit box office di seluruh dunia. Sejak itu, dengan tegas, dia memantapkan posisinya sebagai pemimpin baru industri anime di seluruh dunia setelah di tahun 2019, film anime karyanya yang berjudul Weathering with You juga menjadi big hit.

Masih banyak lagi film anime garapan Makoto Shinkai yang wajib ditonton selain kedua karya terbaru tersebut. Nah, berikut adalah film anime Makoto Shinkai terbaik sepanjang masa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Film Anime Karya Makoto Shinkai yang Wajib Kamu Tonton

1. The Garden of Words

Ini merupakan film tahap awal yang disutradarai oleh Makoto Shinkai dan dirilis pada 2013 lalu.

Cerita film yang juga ditayangkan di bioskop Korea Selatan, Taiwan dan Hong Kong ini berpusat pada tokoh utama bernama Takao Akizuki, seorang siswa SMA berusia 15 tahun.

Dia memiliki impian menjadi pembuat sepatu. Saat hujan, dia bolos sekolah di pagi hari dan pergi ke taman bernama Shinjuku Gyoen, yang sebenarnya ada di Shinjuku, Tokyo.

Suatu hari, Takao bertemu dengan pahlawan wanita bernama Yukari Yukino yang sering mengunjungi taman Jepang. Dia memiliki masalah dengan beberapa hal termasuk pekerjaan dan cinta, dan dia melarikan diri dari masalah tersebut ke taman. Mereka bertemu di sana pada hari hujan dan berbicara satu sama lain.

2. The Place Promised in Our Early Days

The Place Promised in Our Early Days adalah film anime kedua dari Makoto Shinkai yang dirilis pada tahun 2004. Film ini mengikuti karya pertamanya Voices of a Distant Star pada tahun 2002.

The Place Promised in Our Early Days juga dikenal sebagai anime full-length pertama Makoto Shinkai, yang dibuat dengan anggota timnya. Sementara Voices of a Distant Star merupakan film pendek yang hampir semuanya dia produksi sendiri.

Plot anime terbaru Makoto Shinkai seperti Weathering with You dan Your Name didasarkan pada karya awalnya seperti The Place Promised in Our Early Days. Karakter utama berebut untuk mewujudkan impian mereka dengan mengorbankan seseorang atau dunia sebagai gantinya.

Latarnya adalah Jepang fiksi pada tahun 1996, dengan fokus utama pada dua siswa sekolah menengah bernama Hiroki dan Takuya. Mereka menaruh hati mereka dalam menyelesaikan pesawat untuk terbang ke menara simbolis dan misterius.

3. Weathering with you

Salah satu film anime terbaik di tahun 2019 adalah Weathering with You. Beberapa penggemar anime menilai, film ini lebih baik ketimbang film-film pertama Makoto Shinkai

Kisahnya berfokus pada siswa sekolah menengah Hodaka Morishima, yang terbang dari rumahnya di pulau terpencil ke Tokyo. Dia berkeliaran dengan putus asa di sekitar kota metropolitan yang tidak dikenalnya tanpa cukup uang dan pekerjaan.

Di pusat kota Tokyo, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Hina Amano yang dikaruniai kemampuan luar biasa: ia bisa membuat cuaca menjadi cerah.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. 5 Centimeters per Second

5 Centimeters per Second dianggap sebagai salah satu mahakarya Makoto Shinkai di awal karirnya. Film anime yang dirilis pada tahun 2007 ini terdiri dari tiga bagian dengan total runtime sekitar satu jam : Cherry Blossom, Cosmonaut dan 5 Centimeters per Second.

Ketiga bagian tersebut berpusat pada seorang bocah laki-laki Takaki dan seorang tokoh utama wanita Akari. Mereka menyukai satu sama lain ketika mereka masih siswa sekolah dasar tetapi situasinya berubah seiring berjalannya waktu.

Anime ini merepresentasikan “kenyataan” yang kejam namun nyata.

5. Your Name

Your Name adalah salah satu film tersukses di Jepang sepanjang masa dan juga terkenal di seluruh dunia. Bahkan, anime populer ini adalah film Jepang terlaris kedua dengan pendapatan box-office sekitar $250 juta (No.1 adalah Spirited Away dari Studio Ghibli).

Your Name juga ditayangkan di teater di lebih dari 120 negara dan wilayah dan penjualannya sangat eksplosif di Cina dan Korea Selatan.

Ada dua karakter utama dalam Your Name: Taki Tachibana yang tinggal di metropolitan Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang tinggal di pedesaan.

Suatu hari, mereka menyadari bahwa tubuh mereka tertukar satu sama lain secara tiba-tiba, dan itu berulang-ulang. Pada waktu itu, mereka hidup dalam garis waktu yang berbeda (ada perbedaan tiga tahun.) Taki dan Mitsuha semakin mengenal satu sama lain sambil bingung dalam kondisi yang aneh.

Nah itu dia lima rekomendasi film anime yang disutradarai oleh Makoto Shinkai. Jadi, sebelum menonton film terbarunya di bioskop, pastikan untuk menonton film-film sebelumnya, ya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.