Sukses

Doa dan Amalan Malam Nisfu Sya'ban, Amalkan dan Peroleh Keutamaannya

Malam nisfu sya'ban juga sering disebut sebagai malam pengampunan atau malam maghfiroh

Liputan6.com, Jakarta - Malam Nisfu Sya'ban merupakan sebuah malam yang istimewa bagi umat muslim seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Malam 15 Sya'ban ini jatuh pada hari Rabu 8 Maret 2023. Pada malam tersebut pintu rahmat hingga ampunan Allah terbuka lebar untuk manusia. 

Malam Nisfu Sya'ban juga sering disebut sebagai malam pengampunan atau malam maghfiroh. 

Bahkan, Imam Al Ghazali menyebut malam nisfu sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat. Pada malam ini pula dua malaikat yakni Rokib dan Atid.

Kedua malaikat itu bertugas mencatat amal kita dan menyerahlan hasilnya kepada Allah SWT. Ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan pada malam yang istimewa ini, simak berikut ini:

Sholat Sunnah

Sholat sunnah bisa jadi amalan pertama yang bisa kamu mulai untuk malam nisfu sya'ban. Solat yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam ini adalah shalat tasbih, shalat hajat dan shalay taubat.

Membaca Surat Yasin 3 Kali

Setelah Sholat, hendaklah kamu lanjutkan dengan membaca surat yasin 3 kali disertai dengan memperbanyak doa. Yasin pertama diniatkan untuk Panjang umur dalam kondisi taat dan patuh kepada Alah. 

Bacaan Yasin kedua diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup. Sementara bacaan yang ketiga diniatkan unruk meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Nisfu Sya'ban

Allaahumma innii asaalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh. 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku.

Itu adalah salah satu dari beberapa doa untuk malam nisfu syakban. Kamu bisa kemudian mencarinya di google.

Dzikir

Berdzikir memang dianjurkan tidak hanya untuk malam nisfu syaban. Kamu bisa berdzikir apa saja, entah itu dzikir yang biasa kamu aplikasikan atau melafalkan istighfar saja, atau tahmid, takbir, sholawat dan berbagai dzikir yang lain.

Meminta Maaf

Di bulan Syaban ini pintu maaf dibuka selebar-lebarnya. Maka ketika kamu sudah mohon maaf kepada Allah, pada malam nisfu syakban umat islam juga dianjurkan unutuk saling maaf-maafan kepada orang lainnya juga.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.