Sukses

2 Biang Kerok Macet Horor di Jambi, Gubernur Minta Maaf

Kemacetan terjadi sejak Rabu (1/3/2023) hingga hari ini, mengular sepanjang 15 kilometer dari Kabupaten Batanghari menuju Kabupaten Sarolangun.

 

Liputan6.com, Jambi - Macet horor yang terjadi di Jalan Tembesi-Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, dan merugikan banyak orang, memaksa Gubernur Jambi Al Haris meminta maaf. 

"Saya minta semua pihak memahami termasuk juga saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Jambi, walau tidak sepenuhnya wewenang gubernur, karena izin batu bara bukan gubernur yang mengeluarkan, termasuk jalan nasional tidak ada kewenangan menutup jalan tersebut," kata Al Haris.

Al Haris kemudian meminta waktu beberapa hari ke depan untuk menangani segera ruas-ruas jalan yang berlubang dan rusak.

"Mudah-mudahan nanti lancar semua dan masyarakat lancar aktivitas, menjelang selesainya jalan khusus yang dalam proses pembangunan. Saya tahu warga hari ini membenci saya, menghujat saya itu semua risiko saya, ini tanggung jawab saya sebagai pemimpin," kata Al Haris.

All Haris juga telah menutup sementara aktivitas di mulut proyek tambang batu bara yang diduga menjadi salah satu penyebab kemacetan horo selama dua hari di Kabupaten Batang Hari. Penghentian aktivitas di mulut tambang itu tidak ditentukan sampai kapan.

"Pemegang IUP atau pengusaha tambang untuk sementara waktu tidak mengadakan angkutan dari mulut tambang sampai ke jalan atau ke ruas jalan nasional itu, untuk tidak menambah kemacetan yang terjadi," kata Al Haris.

Selama tidak adanya aktivitas angkutan batu bara, Haris mantan Bupati Merangin itu sudah menginstruksikan Dinas PUPR Provinsi Jambi dan balai jalan untuk memperbaiki jalan yang rusak di ruas jalan tersebut.

"Selama masa tidak ada angkutan kami sudah memerintahkan Dinas PU dan balai jalan untuk menutupi lubang jalan yang rusak," katanya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antrean Mobil Sudah Mulai Bergerak

Kemacetan akibat padatnya truk angkutan batu bara itu terjadi sejak Rabu (1/3/2023) hingga hari ini, mengular sepanjang 15 kilometer di kawasan tersebut, dari Kabupaten Batanghari menuju Kabupaten Sarolangun yang menjadi keberadaan eksplorasi penambangan batu bara.

Hidayat (28), seorang pengendara korban macet horor itu mengatakan dirinya terjebak kemacetan selama berkisar 22 jam lamanya.

Kemacetan ini terjadi di empat jalur. Selain truk batubara, banyak juga mobil pribadi, mobil yang bawa ikan dan sayur serta lainnya yang tidak bisa melewati di jalan nasional itu.

Pedagang ikan, Doni mengatakan ratusan kilogram ikan yang diangkutannya kini sudah mati sehingga ia mengalami kerugian akibat peristiwa ini.

"Kalau ini bukan lagi macet, tetapi tidak bergerak sama sekali. Ikan-ikan yang saya bawa banyak yang sudah mati," kata Doni.

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan puluhan personel untuk mengurai kemacetan itu. 

Untuk mengurai kemacetan, personel Polres Batanghari juga berjaga di mulut tambang agar tidak ada truk angkutan batu bara yang ke luar sebelum jam operasional.

"Kita telah melakukan penanganan dengan menerjunkan anggota di lapangan, hingga saat ini anggota masih di lapangan. Kalau kemarin banyak kendala, kalau sekarang sudah berkurang,” kata Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto di Muara Bulian.

Ia juga menyebutkan, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas ini ialah padatnya truk angkutan bara di Jambi yang mencapai sekitar 8.300 hingga 11.500 unit. 

Truk ini melewati jalan nasional di Jambi karena belum tersedianya jalur khusus untuk angkutan batu bara tersebut.

Kemudian, tidak hanya padatnya truk angkutan batu bara, kemacetan ini juga terjadi karena kondisi sekitar jalan yang memburuk akibat hujan lebat.

"Apalagi kemarin curah hujan yang tinggi. Ditambah lagi truk ini tidak berani parkir di kantung parkir dikarenakan takut terperosok," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batanghari AKP Sudiharson mengatakan untuk saat ini kemacetan tersebut sudah mulai terurai dan kendaraan sudah bisa berjalan secara perlahan.

"Iya, saat ini kendaraan sudah mulai berkurang dan berjalan dua arah dari jam 10.30 WIB, dan personel Polres Batanghari masih berjaga di setiap titik kemacetan agar bisa mengatur kendaraan dan mengurangi kemacetan.

"Ya anggota kita masih berjaga setiap malamnya, supaya tidak terjadi kemacetan yang semakin parah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.