Sukses

Kisah Pasutri Bikin PAUD dan TK Adaptasi Sekolah di Singapura

Konsep pembelajaran di Singapura memberlakukan edukasi sejak dini dengan menanamkan pemahaman "sekolah adalah rumah mereka".

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ruang pendidikan untuk anak usia dini bernama KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN akan mulai dibuka pada 25 Februari 2023. Menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum Singapura, KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN memberikan pendidikan terbaik untuk anak mulai usia 2-6 tahun (jenjang TK).

KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN berlokasi di Ruko Mutiara Taman Palem Blok A5/26, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pendiri KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN, Hoker Budijanto dan Jessica mengatakan, ruang belajar tersebut saat ini menjadi yang terbaik di Cengkareng.

"Keunggulan dalam pendidikan selalu menjadi tujuan utama KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN," tutur Hoker.

Lebih lanjut ia mengatakan, tempat ini juga menjadi institusi pendidikan yang inovatif dan progresif dalam sistem belajar-mengajar. Pihaknya memiliki misi mencetak generasi bangsa yang berkarakter, cerdas, dan berwawasan global dengan menerapkan konsep fun-learning.

"Kami juga berkomitmen penuh untuk pendidikan usia dini," ungkapnya.

Sejak dahulu, Hoker memang memiliki impian untuk membuat pre-school. Salah satu alasannya, dahulu ia bersama sang istri bekerja dan tinggal di Singapura cukup lama. Mereka sangat kagum saat melihat tingginya inisiatif belajar anak-anak.

Karena penasaran, ia mulai mencari tahu penyebabnya. Ternyata, konsep pembelajaran di Singapura memberlakukan edukasi sejak dini dengan menanamkan pemahaman "sekolah adalah rumah mereka".

Anak-anak dibuat senyaman mungkin saat belajar, seperti menerapkan sistem bermain sambil belajar, bereksperimen sambil belajar, serta bereksplorasi dan merasakan hal-hal baru sambil belajar, sehingga anak-anak dipacu untuk selalu ingin tahu.

"Melalui KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN, kami ingin menginspirasi siswa ke tingkat yang lebih tinggi dan kuat, terutama pada pengembangan keterampilan abad ke-21, sehingga siswa akan berhasil dan unggul, baik untuk saat ini maupun di masa depan," paparnya.

Ia menandaskan, pendidikan lebih dari sekadar mengajar tentang menginspirasi anak-anak untuk belajar, tetapi juga membimbing, membantu, dan melibatkan siswa. Ia percaya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang menjadi salah satu aspek penting yang dimiliki oleh seorang anak.

Menurutnya, semua anak adalah pembelajar alami. Mereka hanya perlu dilibatkan dengan cara yang tepat. Secara garis besar, metode yang digunakan di KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN terinspirasi oleh potensi yang ada di Indonesia dan metodologi Singapura yang terus berkembang.

KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN memiliki empat program yang disesuaikan dengan umur anak, yakni Nursery (2-3 tahun), Pre-K (3-4 tahun), K1 (4-5 tahun), dan K2 (5-6 tahun). Beberapa fasilitas juga telah tersedia secara lengkap, seperti ruang kelas, ruang tunggu, playroom dan mini townhouse, library, cinema room, full AC, serta semua ruangan yang telah terpasang CCTV.

Setiap kelasnya akan diisi oleh dua pengajar, yakni main teacher dan assistant teacher atau mandarin teacher. Terkait pendaftaran, sejauh ini sudah ada 69 anak yang terdaftar dan 20 anak lainnya sedang waiting list.

Hoker juga menyebut, KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN mengimplementasikan pembelajaran abad ke-21. Hal ini untuk menyikapi tuntutan zaman yang semakin kompetitif.

Cerminan prinsip 4C di halaman berikutnya..

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4C

Adapun pembelajaran abad 21 mencerminkan 4C, yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Pembelajaran tersebut didukung oleh fasilitas yang mumpuni dengan tenaga pengajar berpengalaman.

Kelebihan lain dari ruang belajar ini adalah memiliki pembelajaran dengan metode fun-learning dengan mengadopsi kurikulum Singapura, memiliki fasilitas sekolah yang lengkap dengan tema yg menarik untuk anak-anak, memiliki macam-macam aktifitas yang bervariasi dari akademik maupun non-akademik, serta memiliki tenaga pengajar yang berkualitas.

Adapun tempat belajar ini menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Sementara bahasa Indonesia akan dipelajari ketika masuk ke level Kindergarten 1 (K1) sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (primary school). Tentunya, pembelajaran tersebut disesuaikan dengan standar SD saat ini, yaitu calistung (baca, tulis, dan berhitung).

Bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan si kecil, bisa langsung membawa beberapa dokumen yang akan diberikan oleh bagian admin sebagai kelengkapan administrasi. Terpenting, calon peserta didik wajib berusia minimal 2 tahun.

Sementara itu, kisaran biaya yang perlu dibayarkan adalah sekitar Rp5-6 juta untuk biaya per 3 bulan. Angka tersebut disesuaikan dengan program yang didapat. Terkait syarat dokumen serta info lengkap mengenai KINDERGROUND PRESCHOOL & KINDERGARTEN, bisa dilihat melakui laman www.kindergroundpreschool.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.