Sukses

5 Pantai Utara Jawa Tengah yang Cocok Jadi Tempat Refreshing

Berikut deretan pantai di Pantura Jawa Tengah yang indah dan sayang dilewatkan.

Liputan6.com, Semarang - Kawasan Pantai Utara Jawa Tengah memiliki beragam titik wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ialah pantai yang tak kalah ciamik dari pantai di sisi Selatan Pulau Jawa.

Selain itu deretan pantai di jalur pantura ini dapat menjadi tempat refreshing, kala tengah menempuh perjalanan melalui jalur Pantura ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan pantai di Pantura Jawa Tengah yang indah dan sayang dilewatkan.

1. Pantai Karang Jare, Rembang

Pantai Karang Jahe merupakan salah satu pantai di Rembang yang menawarkan panorama indah hamparan pasir putih. Selain itu pantai ini juga ditanamani ribuan pohon cemara yang membentang di sepanjang pantai.

Wisatawan yang datang juga dapat bersantai di gazebo yang ditata rapi untuk pengunjung. Ada sejumlah fasilitas di desa wisata itu yang bisa dinikmati wisatawan, mulai dari berenang, bermain pasir, bermain ATV, hingga melihat proses pembuatan garam masyarakat lokal.

Pantai Karang Jahe terletak di Jalan Pantao Karang Jahe, Jetakbelah, Punjulharjo, Rembang, Jawa Tengah. Tempat wisata Jawa Tengah ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00.

2. Pantai Widuri, Pemalang

Pantai Widuri terletak di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Masyarakat setempat mengenal Pantai Widuri dengan sebutan tlincing.

Pantai ini menawarkan panorama laut dengan ombaknya yang riuh dan hamparan pasir lembut. Selain itu, ada beberapa wahana rekreasi untuk menyalurkan hobi di kawasan pantai seperti sirkuit balap motor, panggung pagelaran musik, lapangan tenis, dan juga banana boat.

Wisatawan dapat berfoto di jembatan kayu yang menjorok ke laut di pantai ini. Spot ini sangat cocok berfoto dan menikmati hamparan laut yang menyegarkan.

Ketika sore, jangan lupa memotret sunset yang indah. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 3000 untuk bisa memasuki area Pantai Widuri. Sementara untuk biaya parkir, mobil dikenakan Rp 2.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah menjadi salah satu primadona wisata alam masyarakat Tegal. Letak pantai ini berada di di Jalan Bali dan Jalan Martoloyo, Mintaragen, Tegal, Jawa Tengah.

Spot primadona di sini adalah anjungan pantai yang menjorok sampai agak jauh di laut lepas. Wisatawan dapat merasakan kesejukan angin laut sambil berfoto selfie atau memburu panorama matahari terbenam.

Di pinggiran pantai terdapat beberapa warung makan yang menjajakan aneka masakan khas laut. Namun wisatawan juga dapat memancing ikan dengan bebas di kawasan pantai ini.

Biaya masuk Pantai Alam Indah Tegal berkisar Rp 5000 saja, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Jika ingin berenang, wisatawan juga bisa menyewa ban pelampung di sekitar lokasi wisata.

4. Pantai Pasir Kencana, Pekalongan

Pantai Pasir Kencana terletak di Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan. Pantai ini berbatasan dengan tempat pelelangan ikan atau pelabuhan perikanan nusantara di Pantura.

Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan merasakan romantisme di jembatan cinta ketika melihat pemandangan matahari terbenam menjelang sore. Jika menunjungi pantai pada Jum'at Kliwon, wisatawan dapat melihat pertunjukan pagelaran bulanan di panggung kesenian.

Selain itu, ada juga wahana becak air dan jejeran warung makan yang bangkunya terbuat dari beton, menyediakan makanan dari olahan hasil laut. Area parkir di sini juga terbilang luas.

Jika ingin bermalam, pengelola menyediakan beberapa hotel di dekat dengan harga yang beragam. Pantai Pasir Kencana buka 24 jam dan membanderol panoramanya ke pengunjung seharga Rp 2000 per orang untuk weekday dan Rp 2.500 per orang untuk hari Sabtu.

Sementara untuk Minggu dan tanggal merah, pengelola mematok harga Rp 5.000 per orang.

 

3 dari 3 halaman

5. Pantai Kartini, Jepara

Pantai Kartini terletak di desa Bulu, Kecamatan Jepara. Pantai ini bahkan menjadi pelabuhan untuk kapal-kapal yang nantinya akan berlabuh ke Karimunjawa.

Selain bisa melihat laut nan indah, wisatawan juga dapat sambil belajar satwa air, karena di dalamnya terdapat Kura-Kura Ocean Park dengan fasilitas berupa Jepara Sains Park dan Akuarium Taman Bawah Laut. Awalnya pantai ini hanya dipakai sebagai tempat pemandian dan dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik dan gatal-gatal.

Kemudian lambat laun pantai ini banyak dikunjungi orang dan menjadi spot liburan keluarga karena ombaknya yang tenang. Pantai seluas 3,5 ha ini terlihat indah dengan hamparan pasir putih yang menyejukkan mata.

Harga tiket masuk Pantai Kartini Jepara dibedakan antara weekend dan weekday. Untuk hari biasa, harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 5.000.

Sedangkan untuk akhir pekan, harga tiket masuk pantai sekitar Rp 7.500. Jika ingin memasuki Kura-kura Ocean Park di hari biasa, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp 12.500 - Rp 17.000.

Pantai kartini dibuka setiap hari, mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.