Sukses

BJB Mesra, Solusi Bebas Rentenir yang Dibawa Ridwan Kamil untuk Warga Sumut

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, membawa solusi bebas rentenir bagi masyarakat Kota Medan. Solusi yang ditawarkan adalah BJB Mesra, salah satu produk Bank Jawa Barat dan Banten (BJB).

Liputan6.com, Medan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, membawa solusi bebas rentenir bagi masyarakat Kota Medan. Solusi yang ditawarkan adalah BJB Mesra, salah satu produk Bank Jawa Barat dan Banten (BJB).

Pada BJB Mesrakan Medan yang berlangsung di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Kota Medan, Rabu (1/2/2023), Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, Program Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) memiliki misi membantu masyarakat kecil untuk berusaha atau menjalani UMKM.

"Program ini memberikan pinjaman tanpa suku bunga dan agunan," katanya.

Disebutkan Ridwan Kamil, Progam Mesra ini merupakan program unggulan dari Bank BJB untuk memberantas rentenir, yang memberikan pinjaman uang dengan suku bunga tinggi dan harus memiliki agunan.

"Sampaikan, Pak Ridwan Kamil punya solusi memberantas rentenir. Solusinya apa? Bank BJB punya produk yang bisa membantu warga menengah ke bawah pinjam uang tanpa bunga, tanpa agunan," sebutnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Cukup Mudah

Diterangkan Ridwan Kamil, syaratnya cukup mudah untuk pemberian pinjaman uang atau modal usaha. Syarat pertama harus berkelompok 5 hingga 10 orang. Kedua, rajin beribadah, karena penyaluran kredit ini bernafaskan Pancasila.

"Untuk yang kristiani ke gereja, yang muslim ke masjid, dapat rekomendasi dari pengurus rumah ibadah," ucapnya.

Ditegaskan Ridwan Kamil, pemberian kredit ini untuk dijadikan modal usaha bagi pelaku UMKM masyarakat golongan menengah ke bawah. Pemberian pinjaman berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta.

"Jika ada 10 orang, masing-masing Rp 5 juta, dapat pinjaman hingga Rp 50 juta," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Selamatkan Rakyat dari Rentenir

Diungkapkan Kang Emil, lewat Program BJB Mesra, pihaknya ingin menyelamatkan rakyat Indonesia menjadi korban rentenir, yang sekarang pindah ke digital menjadi Pinjaman Online (Pinjol) ilegal.

"Kalau dulu diintimidasi oleh depkolektor, sekarang diintimidasi melalui digital dengan menyebar wajah yang pinjol. Inilah solusinya, sudah ribuan masyarakat di Indonesia mendapat manfaat," ungkapnya.

Disampaikan Ridwan Kamil, untuk program ini, kredit macetnya sangat kecil, hanya 1,3 persen. Hal ini menandakan Program Mesra sukses dan lancar. Kang Emil meminta media massa memperluas informasi ini, khususnya di wilayah Sumut.

"Masyarakat bisa datang ke Bank BJB, ikuti prosedur, langsung dibantu sistem kredit Mesra. Singkatannya adalah Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Masyarakat Naik Kelas

Diharapkan Ridwan Kamil, dengan Program Mesra ini mudah-mudahan masyarakat Indonesia naik kelas kesejahteraannya. Diakuinya, program ini salah satu yang membuat Jawa Barat tingkat kemiskinannya turun, tertinggi di Indonesia tahun 2022.

"Salah satunya inovasi yang luar biasa ini," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.