Sukses

Ingin Kuliner Beda, Ini 4 Artisan Burger Yogyakarta yang Lagi Hits

Berikut sederet artisan burger Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Burger merupakan makanan berupa roti bulat (bun) yang diberi isian patty (daging), aneka sayuran, dan saus. Burger berasal dari Amerika Serikat dan Hamburg, Jerman.

Kuliner ini muncul pertama kali pada abad ke-19 dengan menggabungkan dua potong roti dan steik. Burger kini menjadi western food yang dapat dengan mudah dijumpai, tak terkecuali di Yogyakarta.

Bahkan banyak kedai artisan burger lezat di kota gudeg ini, mulai dari restoran hingga kaki lima. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet artisan burger Yogyakarta.

1. Kumpeni Burger

Kumpeni Burger merupakan kedai artisan burger yang sempat viral di dunia maya. Burger yang disajikan kedai ini dibuat sendiri oleh pemiliknya, sehingga bahan yang digunakan selalu segar.

Kumpeni burger menyajikan beragam menu, mulai dari patty dari daging sapi, domba, ayam, hingga jamur untuk vegetarian. Sausnya juga istimewa karena dibuat sendiri dengan bumbu rahasia khas Kumpeni Burger yang rasanya gurih, kaya rempah, pun aromanya juga kuat.

Pengunjung juga dapat memesan menu pelengkap seperti onion rings dan fried potato wedges. Uniknya, kedai artisan burger ini berada di sebuah joglo klasik yang bernuansa Jawa.

Aneka menu burger di kedai ini dibanderol cukup terjangkau, mulai dari Rp20.000-Rp50.000 saja. Kumpeni Burger berada di Jalan Industri II, Kasih, Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kawasan ini terkenal sebagai rumah keluarga seniman seperti Almarhum Bagong Kussudiardja dan Almarhum Djaduk Ferianto. Jangan heran, kalau di sekitar kedai burger ini banyak rumah dan homestay yang disewakan dengan desain nyentrik sekaligus cantik untuk berfoto.

Kumpeni Burger hanya buka hari Selasa-Sabtu dengan jumlah yang terbatas, sehingga ada baiknya pengunjung melakukan pemesanan tempat sebelum berkunjung. Untuk informasi dan pemesanan tempat, pengunjung dapat mengujungi laman Insagram @kumpeniburgers.

2. Makmur Chiken and Soda

Tempat makan ini tengah hits di kalangan anak muda. Makmur Chicken & Soda memiliki konsep tempat yang unik dan bergaya retro 90-an. Tiap sudut tempat ini sungguh Instagramable dan cocok untuk foto-foto. Tempat makan ini juga menyajikan berbagai menu burger yang lezat dan unik.

Menu andalan tempat ini adalah Sakuragi, burger dengan isian fried chicken with chili oil, sayuran, dan saus racikan khas kedai burger ini. Aneka menu di sini dibanderol mulai dari Rp20.000-Rp30.000.

Makmur Chiken and Soda berada di Jalan Pakuningratan No. 37, Cokrodiningratan, dan buka dari pukul 14.30-21.30 WIB. Pengunjung dapat mengunjungi laman Instagram @jl_makmur, untuk informasi lebih legkap.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Via-Via

3. Via-Via

Via-Via menjadi restoran yang menyajikan berbagai menu Indonesia dan westren, salah satunya ialah burger. Via-via menyajikan berbagai jenis burger, mulai dari isian aging sapi hingga vegetarian maupun vegan.

Burger ala restoran ini dibuat langsung, sehingga masih fresh. Restoran ini kerap menjadi pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin bersantap siang atau makan malam.

Tak hanya karena rasanya, tapi harganya juga terjangkau, mulai Rp20.000. Via-Via berada di Jalan Prawirotaman Nomor 30, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Restoran ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

4. Songolas Burger

Songolas Burger merupakan kedai artisan burger yang tak kalah viral dan populer. Meski disebut sebagai burger kaki lima, cita rasa burger racikan Songolas Burger tak kalah saing.

Songolas Burger menyajikan beragam jenis burger yang lezat. Menu andalan kedai burger ini adalah She's Lost Control, burger dengan isian beef patty, keju, sayuran, brisket, dan saus racikan yang khas.

Tidak hanya burger, pengunjung juga dapat memesan side dish seperti kentang goreng dan chiken strips. Harga menu Songolas Burger dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per porsinya.

Songolas Burger berada di Gang Punta Dewa No. 173, Senturan Raya, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. Kedai burger ini buka setiap hari, mulai pukul 15.00-22.00 WIB.

Pengunjung dapat mengunjungi laman Instagram @songolas.yk untuk informasi lebih lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.