Sukses

Cekidot, Ini 7 Tempat di Semarang yang Pas untuk Merayakan Malam Tahun Baru

Pesta kembang api untuk menyambut tahun baru juga akan digelar di sejumlah titik di Semarang dan sekitarnya.

Liputan6.com, Semarang - Pesta kembang api perayaan malam tahun baru 2023 juga akan digelar di beberapa kota besar, salah satunya Semarang, Jawa Tengah. Pesta kembang api untuk menyambut tahun baru juga akan digelar di sejumlah titik di Semarang dan sekitarnya.

Berikut spot nonton pesta kembang api di sejumlah titik di Semarang dan sekitarnya.

1. Kawasan Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima menjadi tempat tahun baru di Semarang yang paling favorit. Simpang Lima selalu dipadati oleh masyarakat Kota Semarang yang ingin berbaur untuk merayakan malam pergantian tahun.

Tentu saja pedagang kaki lima juga tak ketinggalan meramaikan lapangan ini dengan membuka lapak dadakan. Di kawasan Simpang Lima Semarang biasanya ada panggung hiburan musik setiap malam tahun baru.

Saat tengah malam, kawasan ini juga menyelenggarakan pesta kembang api yang dapat disaksikan secara gratis. Pengunjung juga dapat menikmati panggung hiburan dan ikut menghitung mundur saat menjelang pergantian tahun, sambil berburu aneka jajanan.

2. PRPP Jateng

Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah atau yang disingkat menjadi PRPP Jateng. Biasanya di sini akan digelar berbagai acara sepanjang Desember untuk menyambut tahun baru.

Apalagi di malam puncak pergantian tahun juga diselenggarakan pesta kembang api yang sangat meriah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semarang Nol KM

3. Semarang Nol KM

Titik nol kilometer Kota Semarang ini selalu ramai ketika tanggal 31 Desember malam. Masyarakat biasanya akan memadati jalan di sekitar Semarang Nol Kilometer ini.

Pedagang kaki lima juga biasa menggelar lapak dadakan di sekitar Semarang Nol Kilometer. Pengunjung dapat menyaksikan pesta kembang api gratis dari tempat ini.

Buat yang penasaran dengan lokasi Semarang Nol Kilometer, tempat ini berada di sebuah taman yang letaknya di ujung Jalan Pemuda (antara Gedung Keuangan Negara dan Gedung Dipenda), dekat Jembatan Berok.

4. Tugu Muda

Tak jauh dari Lapangan Simpang Lima ada Tugu Muda yang berada persis di depan Gedung Lawang Sewu. Tugu Muda juga menjadi tempat meryakan malam Tahun Baru yang selalu dipadati oleh masyarakat yang berjalan kaki.

Tepat pukul 12 malam biasanya masyarakat akan menyalakan kembang api untuk merayakan pergantian tahun. Acara puncak di Tugu Muda begitu meriah karena kembang apinya saling "sahut menyahut" dengan kembang api yang dinyalakan di Simpang Lima.

Jarak antara Tugu Muda dengan Simpang Lima hanya sekitar 2 kilometer. Di sekitar Tugu Muda juga banyak lapangan parkir dadakan untuk memarkir kendaraan.

5. Bandungan

Bandungan adalah dataran tinggi yang berada di Semarang. Tempat ini selalu menjadi jujugan wajib wistawan dan masyarakat Semarang yang ingin menghabiskan malam tahun baru dengan suasana pegunungan dan hawa yang sejuk.

Pengunjung juga bisa menikmati pesta kembang api sambil menatap lampu-lampu dari Kota Semarang yang nampak seperti kunang-kunang.

 

3 dari 3 halaman

Pantai Marina

6. Pantai Marina

Pantai Marina menjadi tempat pesta kembang api Tahun Baru 2023 selanjutnya. Pengunjung dapat melihat pesta kembang api secara gratis.

Biasanya akan ada banyak warga yang antusias untuk bersama-sama merayakan pergantian tahun di tepi pantai ini. Bahkan tak hanya kembang api saja, di sekitar pantai terdapat warung dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ringan sampai dengan makanan berat.

Sambil menunggu tengah malam, manjakan lidah dan perut dengan kuliner di warung-warung sekitar pantai sembari menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi.

7. Bukit Gobel

Menikmati malam baru dari ketinggian memang sangat asyik. Salah satu tempat tahun baru di Semarang yang akan kami bahas ini merupakan dataran tinggi yang biasa dikunjungi masyarakat setiap akhir pekan.

Namun, pada malam tahun baru jumlah pengunjung kawasan bernama Bukit Gombel ini semakin bertambah. Bukit Gombel adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan malam Kota Semarang dari ketinggian. Dari bukit ini, pengunjung dapat melihat kembang api yang dinyalakan dari berbagai sudut Kota Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.