Sukses

Tak Diperkenankan Bertemu Erina di Prosesi Tilik Nithik, Kaesang Titip Bunga

Liputan6.com, Yogyakarta - Hingga malam ini, serangkaian upacara adat pernikahan Kaesang dan Erina Gudono telah berlangsung. Tilik nithik menjadi salah satu rangkaian acara yang ada dalam upacara adat midodareni dan nyantri atau nyantrik.

Tilik artinya 'meninjau', sedangkan nithik berarti 'melihat dengan seksama, cermat, dan teliti'. Tilik nithik merupakan prosesi 'mengintip' dan menemui calon pengantin wanita yang sedang melaksanakan midodareni di kamarnya.

Prosesi ini bertujuan untuk melihat, apakah benar yang ada di dalam kamar adalah calon pengantin wanita yang besok akan menjalani upacara suci dan sakral akad nikah, Erina Gudono. Sementara itu, yang diperkenankan melihat calon pengantin perempuan adalah para ibu dan perempuan saja, sedangkan bapak-bapak, apalagi calon pengantin laki-laki tidak diperkenankan.

Pada prosesi tilik nithik, Ibu Iriana Joko Widodo diantar Ibu Sofiatun Gudono untuk bertemu dengan calon menantu, Erina Gudono. Adapun anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, serta istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, juga turut menemui Erina.

Karena tak diperkenankan bertemu dengan calon istri, Kaesang pun menitipkan bunga yang sudah ia bawa untuk Erina. Bunga berwarna putih pun dititipkan kepada sang kakak, Kahiyang dan Selvi, untuk dapat sampai ke tangan calon istrinya.

Untuk mengiringi prosesi tilik nithik, lagu "Ilir-ilir" ciptaan Kanjeng Sunan Kalijaga dimainkan. Nuansa dan suasana yang kental akan tradisi Jawa mewarnai segala prosesi persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina.

Usai tilik nithik, acara persiapan prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pun diakhiri dengan berpamitan yang diwakili Gibran Rakabuming Raka. Selanjutnya, acara ditutup dengan doa dan foto bersama.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS