Sukses

Bayi Laki-Laki Ditemukan Selamat di Dalam Kardus, Ada Sangu Rp50 Ribu

Liputan6.com, Banjarbaru - Seorang bayi laki-laki ditemukan di depan rumah toko (ruko) jalan Trikora RT 24 Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru.

Saat ditemukan, bayi itu berada di dalam kardus air mineral kemasan gelas dengan alas sebuah kerudung berwarna hijau, bersama dengan dot dan uang Rp50 ribu rupiah.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza membenarkan penemuan bayi itu sempat membuat heboh masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya di Banjarbaru. Termasuk juga di jagat maya atau media sosial Banua.

“Pada hari Minggu, tanggal 04 Desember 2022 sekitar Pukul 08.00 WITA telah ditemukan seorang bayi, diduga telah dibuang oleh orang tuanya,” sebut AKBP Dody Harza, Minggu (4/12/2022).

Pihaknya juga menyebutkan ada dua orang sebagai saksi atas penemuan bayi tersebut. Pertama atas nama Sananiah (31) dan kedua atas nama M. Zainudin, keduanya merupakan pemilik ruko di mana bayi itu ditemukan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kronologi Penemuan

Berdasarkan keterangan saksi pertama, awal kecurigaan bermula ketika mendengar suara bayi yang menangis, kejadiannya persis setelah adzan Subuh. Kemudian kedua saksi mengira jika suara tersebut merupakan suara kucing.

Tiga jam kemudian, persis pada Pukul 08.00 WITA, saksi membuka pintu ruko kemudian mendapati adanya kardus berisi seorang bayi laki. Ditemukannya persis di depan pintu ruko milik saksi.

Selanjutnya saksi mengumumkan penemuan tersebut melalui grup Whatsapp (WA) senam dan yasinan. Bersamaan dengan video penemuan bayi itu pun langsung ramai, baik yang mendatangi langsung tempat penemuan maupun reaksi di media sosial.

“Saat ini bayi tersebut dibawa ke RS Idaman Kota Banjarbaru oleh personil gabungan piket fungsi dan unit PPA guna diperiksa kesehatannya,” lanjut AKBP Dody Harza.

Kapolres Banjarbaru itu juga menyebutkan jika lokasi penemuan bayi tersebut tertangkap kamera CCTV yang berada di bengkel Anugerah, tepatnya berseberangan jalan.

 

3 dari 3 halaman

Viral Video Penemuan Bayi

Sementara itu, Sananiah saksi sekaligus pemilik ruko juga mendokumentasikan saat-saat ditemukannya bayi tersebut. Dokumentasi dalam bentuk dua video itu pun beredar dan juga tersebar di media sosial.

“Nah, tempatnya di muka toko ulun (saya),” sebut Sananiah pada video pertama berdurasi 25 detik yang memperlihatkan suasana jalan raya Trikora, suasana di depan ruko yang masih sepi beserta kardus berisi bayi laki-laki itu.

“Nah bayinya, dikasihnya dot, ditaruhnya uang, bayinya lakian nah, tali pusarnya sudah mulai kering pang, berarti sudah berapa hari anak ini,” lanjutnya.

Selanjutnya pada video kedua berdurasi 14 detik, nampak bayi itu menangis disertai dengan suara Sananiah mengiba. Dirinya juga meminta kepada orang di sekitarnya agar temuan ini segera dilaporkan ke pihak kepolisian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS