Sukses

Candi Ngempon, Wisata Semarang Tersembunyi yang Ditemukan Tanpa Sengaja

Berdasarkan coraknya, Candi Ngempon merupakan sebuah peninggalan kebudayaan Hindu.

Liputan6.com, Semarang - Candi Ngempon berada di Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Bangunan yang terbuat dari batu ini berada di tengah-tengah areal persawahan.

Dikutip dari laman Kemdikbud.go.id, sejarah candi ini belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan coraknya, Candi Ngempon merupakan sebuah peninggalan kebudayaan Hindu.

Sebutan ‘ngempon’ konon berasal dari fungsi area candi tersebut. Dahulu, lokasi itu adalah tempat menggembleng para Brahman untuk didik menjadi empu. Entah untuk bidang kerohanian, kanuragan, sastra, maupun budaya. Dari istilah empu itulah sebutan ngempon digunakan. Candi Ngempon ditemukan secara tidak sengaja pada 1952 oleh warga setempat yang bernama Kasri.

Diduga candi ini dibangun pada abad VIII-IX. Candi ini pada awalnya ditemukan dalam kondisi rusak, dengan batuan-batuan yang sudah runtuh. Kemudian, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan pemugaran sebanyak dua kali, pada 2006 dan 2009.

Candi ini memiliki 4 bangunan yang terdiri dari 1 candi utama dan 3 candi perwara. Candi Induk berukuran 3,77 m x 3,87 m dengan tinggi 4,45 m.

Candi perwara berjumlah 3 buah dengan ukuran masing-masing 2,85 m x 2 85 m dengan tinggi 4,15 m. Sebenarnya terdapat sembilan bangunan di kompleks Candi Ngempon itu.

Hanya saja, hingga kini baru empat bangunan yang telah berhasil di rekonstruksi. Sementara, lima bangunan lainnya belum bisa direkonstruksi lantaran fondasinya sudah rusak dan ditumpuk oleh reruntuhan bangunan candi.

Satu candi induk menghadap ke arah timur yang didampingi 2 candi perwara kecil di kanan kiri yang menghadap ke arah yang sama. Sedang 3 candi lainnya adalah candi perwara yang menghadap ke arah candi induk atau ke barat.

Sebenarnya, di dalam Candi Ngempon terdapat patung yang ditemukan antara lain Durga, Ganesha, Kinara Kinari, dan Nandi. Arca-arca tersebut kini disimpan di Museum Ronggowarsito Semarang.

Kompleks Candi Ngempon merupakan satu kesatuan dengan sumber air panas atau Pentirtaan Derekan di seberang sungai. Kemungkinan, sumber air panas itu dulu tempat istirahat atau transit para empu sebelum memasuki kompleks candi.

Candi Ngempon ini bisa dikunjungi sebagai tempat wisata Semarang, meskipun tidak ada tiket masuk alias gratis.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.