Sukses

Melegenda, Ini 10 Kuliner Kota Semarang yang Wajib Dicoba

Semarang dikenal dengan banyak sekali ragam makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kalian berkunjung ke suatu tempat tak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khasnya. Ya, sama halnya dengan kalian saat mengunjungi Semarang.

Semarang dikenal dengan banyak sekali ragam makanan. Bukan hanya lumpia saja, lho! Semarang menyajikan berbagai kuliner lezat dan menarik untuk dicicipi mulai dari yang manis hingga gurih yang wajib kalian coba ketika berkeliling Kota Semarang.

Lantas apa saja makanan khas yang termasuk khas Semarang? Berikut daftar kuliner legendaris Kota Semarang.

1. Bakmi Djowo

Rekomendasi kuliner Semarang legendaris ini menyajikan olahan mi dan nasi goreng yang dimasak dengan peralatan tradisional yaitu tungku dari tanah liat dan arang sebagai sumber api. Setiap hidangan dimasak satu persatu dalam wajan kecil sehingga kualitas dan rasa makanan tetap terjaga.

2. Leker Paimo

Leker Paimo adalah salah satu kuliner legendaris di Semarang yang menyajikan beragam kue leker dengan isi yang bervariasi seperti cokelat, susu putih, keju manis, telur, sosis, dan menu leker variasi lainnya.

3. Soto Bangkong

Soto bangkong merupakan kuliner legendaris yang sudah ada dari sekitar tahun 1950-an. Satu porsi soto bangkong berisi bihun, irisan bawang, ayam suwir, dan bawang goreng dengan siraman kuah bening yang kaya bumbu, rasanya gurih dan menyegarkan. Ukuran mangkok soto bangkong ini cukup kecil tetapi cukup mengenyangkan.

4. Toko Oen

Untuk kamu penggemar kuliner manis toko oen bisa jadi tempat wisata kuliner Semarang yang sayang jika dilewatkan. Toko oen merupakan restoran legendaris yang sudah ada sejak tahun 1936. Menu andalan restoran ini adalah es krim yang terdiri dari berbagai varian rasa seperti coklat, vanila buah dan kopyor.

Ada pula hidangan oen Simfoni yang ikonik yaitu lima scoop es krim dengan rasa yang berbeda dan disajikan dengan slagroom dan kue lidah kucing. Selain hidangan cita rasa manis, pengunjung dapat mencoba berbagai olahan makanan khas Italia Eropa dan Indonesia. Pengunjung dapat menyantap hidangan sambil menikmati suasana tempo dulu di Toko Oen cocok untuk bersantai bersama teman dan keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Es Putar Conglik

Setelah lelah berkeliling kota Semarang yang cukup panas menikmati es puter conglik rasanya menyegarkan. Ada berbagai varian rasa yang dapat dipilih seperti durian, coklat, kelapa dan alpukat. Es puter conglik disajikan dengan buah durian dan kelapa sebagai topping.

6. Seafood Pak Sangklak

Letak kota Semarang yang berada di pesisir membuat banyak gerai seafood bermunculan salah satunya seafood Pak Sangklak. Wisata kuliner Semarang ini sudah dikelola oleh tiga generasi. Setiap hari pengunjung ramai berdatangan untuk mencicipi aneka olahan kepiting, kerang, tiram, cumi, dan hasil laut lainnya. Menu andalan di Seafood Pak Sangklak yaitu kerang srimping goreng mentega.

7. Mie Kopyok

Mie kopyok adalah makanan khas Semarang yang wajib dicoba. Satu porsi mie kopyok berisi lontong, mi kuning, taoge, tahu pong dan kerupuk gendar. Bahan-bahan tersebut disatukan dengan kuah segar serta taburan bawang goreng dan irisan seledri teksturnya lembut berpadu dengan tauge yang renyah serta kerupuk yang gurih menambah kelezatan mi kopyok.

3 dari 3 halaman

8. Tahu Gimbal

Berkunjung ke Semarang belum afdol rasanya kalau gak mencoba tahu gimbal. Yap tahu gimbal memang merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Seporsi tahu gimbal berisi lontong, sayur kol, telur, tauge, tahu, dan udang, lalu disiram saus kacang.

9. Warung pecel 

Satu porsi pecel berisi nasi hangat rebusan bayam kacang panjang tauge yang disiram bumbu kacang.

10. Soto Bokoran 1949

Satu lagi kuliner legendaris yang wajib kamu coba di Semarang namanya soto bokoran 1949, berbeda dengan kuah soto ayam pada umumnya berwarna bening kuah, soto di sini cenderung berwarna kecokelatan. Warna kuah ini berasal dari bumbu satai yang dicampurkan ke dalam kuah soto.

Itulah 10 rekomendasi kuliner legendaris Semarang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Semarang.

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini