Sukses

Daftar Wisata Alam di Bondowoso Dengan Lansekap Unik

Liputan6.com, Jakarta - Wisata alam Bondowoso Jawa Timur bisa menjadi alternatif liburan untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk pekerjaan yang membuat jenuh.

Diketahui, Bondowoso memiliki pilihan wisata alam yang sudah dianggap lengkap. Mulai dari wisata air terjun, perbukitan, hingga situs-situs bersejarah yang menyatu dengan alam.

Bondowoso sendiri merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dikelilingi pegunungan dengan beragam potensi wisata. Karena itulah wisata alam Bondowoso didominasi dengan pegunungan yang sejuk dan asri.

Wisata alam Bondowoso menyuguhkan bentang alam yang memesona. Hal ini didukung karena Bondowoso dikelilingi pegunungan seperti Gunung Raung, Gunung Ijen, dan Gunung Argopuro yang memiliki udara sejuk dan segar.

Batu Susun Solor

Batu Susun Solor terkenal dengan bentuknya yang mirip Stonehenge di Inggris. Di lokasi ini terdapat peninggalan pra-sejarah berupa susunan bebatuan besar ala megalitikum yang dikebal dengan so’onan. Ada banyak lagi peninggalan pra-sejarah seperti menhir dan pahatan pada dinding batu.

Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar berada di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso. Sesuai namanya, lokasi ini memiliki dua air terjun kembar dengan ketinggian 77 Meter. Berada di ketinggian 900 mdpl air terjun ini memberi nuansa sejuk dikelilingi hutan lindung. Selain air terjun, di sekitar lokasi ini terdapat pusat penelitian kopi arabika dan kakao.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Air Terjun Miniagara

Berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, air terjun ini menawarkan panorama mini ala air terjun Niagara di Kanada. Di sini pengunjung akan disuguhi enam ailiran sungai yang membentuk air terjun yang melebar bak Niagara.

Air Terjun Blawan

Air terjun blawan terletak tak jauh dari kawah Ijen. Air terjun Blawan merupakan hilir dari kali pahit, yang merupakan rembesan dari Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang dan dikelilingi oleh tumbuhan makademia. Aliran air terjun ini mengalir langsung ke dalam tanah dan bermuara di daerah Asembagus Situbondo.

Air Terjun Belerang

Air Terjun Belerang berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Sesuai namanya air terjun ini mengandung belerang yang berasal dari kawah Ijen.

Bukit Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit menawarkan pemandangan indah dengan hamparan rumput hijau bak permadani. Lokasi Bukit Jabal Kirmit berada di kawasan base camp pendakian menuju Kawah Ijen. Dengan latar belakang bukit hijau, udara sejuk, dan jika beruntung, pengunjung bisa melihat kuda dan kijang yang merumput. Suasana pegunungan di tempat wisata di Bondowoso ini disebut-sebut mirip tempat wisata di Selandia Baru.

Bukit Apetlepet

Masih berada di kawasan kaki Gunung Ijen, bukit ini juga menyajikan keindahan hamparan ilalang sejuk nan hijau. Dikelilingi perbukitan, pengunjung bisa merasakan ketenangan dan semilir angin yang mengembus ilalang putih kehijauan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS