Sukses

Jalan Penghubung Kalsel-Kaltim Longsor, Kendaraan Dialihkan

Salah satu jalan penghubung Kalsel dengan Kaltim longsor sehingga terpaksa dialihkan ke jalur alternatif.

Liputan6.com, Tanah Bumbu - Setelah amblas, jalan nasional penghubung Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Timur di Jalan Ahmad Yani, KM 171, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu kini mengalami longsor. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, jalan ditutup total atau dialihkan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kepala Dinas PUPR Subhansyah mengambil langkah untuk tidak lagi dilalui oleh kendaraan. Penutupan jalan dengan portal dan petugas keamanan berjaga di lokasi.

“Jalan nasional itu sekarang ada kejadian lagi, jadi kita putuskan untuk ditutup total, tidak ada lagi yang bisa melintas,” ujar Subhansyah, Jumat (7/10/2022).

Penutupan jalan tersebut, pihaknya menyediakan jalan alternatif. Kondisi jalan tersebut saat ini dilakukan pengerasan agar kendaraan semua jenis tonase dapat melintas.

Kejadian longsor tersebut terjadi pada Jumat pagi tanggal 7 Oktober 2022 sekitar Pukul 09.57 WITA.

Upaya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk menyikapi kejadian ini terus dilaksanakan. Tentunya dengan membangun koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Selatan.

“Kita telah melaporkan kejadian ini kepada balai jalan, dan sudah ada tanggapan,” lanjut Subhansyah.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tanah Bumbu M Ramdhan menjelaskan, perkembangan usai berkoordinasi dengan balai jalan.

“Pihaknya masih tahap penyelidikan tanah, mereka mengecek dulu longsornya, kondisi tanah serta rembesan air di mana posisi yang mengakibatkan tanahnya bergeser,” kata Ramdhan.

Teknis penanggulangan longsor yang mengakibatkan jalan nasional ditutup dalam tahap selanjutnya. Masih menunggu hasil dari balai jalan sehingga nantinya dilakukan tindakan pemasangan pancang atau lainnya.

Sedangkan proses pengerjaan disebutkan jika kejadian ini merupakan pekerjaan yang penting. Sehingga target pengerjaannya diperkirakan hingga tiga bulan ke depan.

Untuk pengalihan arus lalu lintas, Satlantas Polres Tanah Bumbu merilis denah jalan alternatif yang dipetakan menjadi dua jalan. Jalan alternatif pertama yakni di gang Munawar ditempuh sekitar 10 menit untuk roda empat, alternatif kedua ditempuh sekitar 50 menit untuk roda 6 ke atas.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.