Sukses

Wisata Sambil Belajar Konservasi di Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan mangrove yang memiliki luas lebih dari 3 hektare ini juga menjadi sarana edukasi bagi wisatawan mengenai ekosistem hutan bakau.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hutan mangrove Kulon Progo merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di sekitar Yogyakarta Internasioanal Airport atau Bandara YIA. Bahkan, destinasi wisata ini sudah sangat populer dikunjungi oleh para wisatawan.

Wisatawan dapat menyusuri deretan hutan bakau melalui jembatan kayu yang dibangun di atasnya. Namun, jika wisatawan tidak ingin berjalan di atas jembatan bambu, dapat menyewa perahu untuk menyusuri huntan bakau ini.

Menariknya, setiap sudut hutan bakau ini menjadi spot foto yang instagramable. Spot foto favorit yang menjadi ikon di sini adalah tulisan Kulon Progo MJAA (Mangrove Jembatan Api-api).

Penamaan api-api diambil dari jenis tanaman bakau yang tumbuh di sini. Hutan mangrove yang memiliki luas lebih dari 3 hektare ini juga menjadi sarana edukasi bagi wisatawan mengenai ekosistem hutan bakau.

Wisatawan juga dapat menikmati matahari terbenam atau di tempat lain di dekat mangrove Kulon Progo, seperti Pantai Congot atau Pantai Pasir Kadilangu. Pada mulanya hutan bakau atau mangrove di Kulon Progo Yogyakarta merupakan kawasan konservasi yang ada sejak tahun 1989.

Awalnya masyarakat sekitar membuat kawasan konservasi tanaman bakau untuk mencegah terjadinya abrasi, karena fungsi tanaman bakau untuk memecah ombak laut. Wisata mangrove Kulon Progo terbagi menjadi tiga kawasan wisata, pertama mangrove Pantai Kadilangu (sisi timur), mangrove Pasir Mendhit (sisi barat) dan Mangrove Jembatan Api Api (Tengah).

Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol mulai dari Rp. 5.000, dan sewa perahu dibanderol mulai dari Rp.10.000. Hutan Mangrove Kulon Progo mulai buka pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB setiap hari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.