Sukses

Sejumlah Haji dari Riau Positif Covid-19, Dokter Imbau Jangan Bikin Hajatan Berlebihan

Enam haji di Riau terkonfirmasi Covid-19 setelah pulang dari pelaksanaan ibadah haji dan melaksanakan isolasi mandiri karena gejala ringan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 501 haji dari Provinsi Riau telah tiba dengan selamat di Asrama Haji Pekanbaru. Jemaah haji Riau ini pulang dalam dua kali rombongan memakai pesawat yang mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim.

Sesuai petunjuk dari Kementerian Kesehatan, ratusan jemaah haji itu sudah menjalani antigen. Sejumlah haji menunjukkan gejala terpapar Covid-19 sudah dilakukan swab PCR.

Dari rombongan pertama, yaitu 55 haji, 6 di antaranya terkonfirmasi Covid-19. Beruntung gejalanya ringan sehingga tidak menjalani rawat inap dan hanya menjalani isolasi mandiri.

Jumlah itu kemungkinan bertambah karena rombongan kedua, 446 haji, tiba pada Minggu malam, 31 Juli 2022. Mereka sudah menjalani tes antigen dan akan dilakukan swab PCR jika ada yang menunjukkan gejala tapi hasilnya belum keluar.

Keadaan ini mendapat perhatian dari Sekretaris Perhimpunan Dokter Paru Indonesia di Riau, dr Indra Yopi. Dia menyebut tersebut harus diantisipasi agar tidak menular ke keluarga.

"Bagi keluarga jemaah haji agar tidak ramai-ramai ke bandara, cukup di rumah saja menunggunya," kata Yopi, Senin siang, 1 Juli 2022.

Jika bebas dari gejala Covid-19, Yopi menghimbau jemaah haji tidak mengadakan syukuran yang mengundang banyak orang. Cukup dilakukan di lingkup keluarga inti.

"Jangan mengadakan acara berlebihan, kalau mengadakan, lakukan dengan penerapan protokol kesehatan terukur," terang Yopi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Covid-19 di Riau Meningkat

Menurut mantan juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Riau, angka konfirmasi Covid-19 di Bumi Lancang Kuning sangat signifikan dalam beberapa hari terakhir.

"Bahkan ada 12 tenaga kesehatan yang terpapar, padahal sudah menjalani vaksin booster," ucap Indra.

Sebagai informasi, jemaah haji Riau secara berangsur sudah tiba sejak akhir pekan lalu. Pada Jum'at petang, 29 Juli 2022 ada 55 haji datang, kemudian pada Minggu malam, 31 Juli 2022, ada 446 haji tiba.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Masrul Kasmy menjelaskan, kedatangan ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Ratusan jemaah haji rombongan pertama di Riau ini merupakan bagian dari 2.300 warga Bumi Lancang Kuning yang melaksanakan ibadah haji pada tahun ini. Mereka akan datang secara bertahap dalam pekan ini.

Masrul mengatakan, jemaah haji terkonfirmasi Covid-19, ditangani oleh pihak kabupaten. Panitia kabupaten akan mengisolasi sebelum pulang ke keluarga.

"Ini sebagai upaya pencegahan penyakit menular," ucap Masrul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.