Sukses

Akhirnya, Nonton Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Boleh Bawa Makanan dan Minuman

Panpel Piala Presiden 2022 memperbolehkan penonton membawa makanan dan minuman. Namun, tidak semua makanan dan minuman bisa dibawa. Apa saja?

Liputan6.com, Solo - Setelah mendapatkan kritik dari penonton dan suporter pada laga pembukaan Piala Presiden 2022 lalu, karena larangan membawa makanan dan minuman ke dalam tribun stadion, kini, panpel lokal atau manajemen Persis Solo memberikan izin makanan dan minuman bisa dibawa ke dalam tribun dengan syarat. 

Bukan tanpa alasan panpel membuat aturan tersebut. Hal ini lantaran Stadion Manahan akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 mendatang. Usai laga pembukaan yang penuh kritikan itu, penonton diperbolehkan membawa makanan dan minuman, yaitu air mineral dalam kemasan gelas tanpa tutup, kue kering atau bakery, dan makanan kering tanpa kuah.

Ketua Panpel Piala Presiden 2022, Ginda Ferachtriawan mengatakan, meski diperbolehkan membawa makanan dan minuman, pihaknya meminta penonton untuk tidak membawa makanan dan minuman yang dilarang oleh panitia.

Ia menjelaskan makanan apa saja yang tidak boleh dibawa adalah, minuman kemasan botol, kemasan kotak, beralkohol, makanan yang berminyak, berkuah, dan makanan bersaus.

"Dilarang membawa senjata tanam, flare, kembang api, petasan, senter, laser point, helm, rokok kemasan maupun elektrik, korek, dan hewan peliharaan," katanya saat ditemui di Stadion Manahan, Solo, Rabu (15/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ia menambahkan, dengan adanya penurunan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah (Jateng), penonton, terlebih anak-anak sudah bisa diperbolehkan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung. 

"Untuk susu bayi diperbolehkan karena banyak dari penonton yang membawa anak-anak. Sedangkan, makanan hanya makanan kering," ucapnya.

Pihaknya memiliki alasan kenapa melarang makanan berminyak dan berkuah dibawa masuk ke dalam tribun stadion, karena pada laga perdana dirinya melihat banyak makanan yang dilarang masuk itu berceceran di pintu masuk stadion.

"Kami tidak ada niatan menghalangi pedagang berjualan karena stadion hendak digunakan Piala Dunia memang dilarang masuk dahulu," katanya.

Sementara itu, Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, menuturkan manajemen Persis Solo selaku panitia lokal Piala Presiden 2022 telah mendengar dan menerima masukan dari para fans fanatiknya melalui media sosial dan pemilik Persis Solo, Kaesang Pangrep dan Kevin Nughroho sempat melihat langsung keluhan dari penonton.

"Ada evaluasi besar. Kami melihat banyak keluhan seperti akses makanan minuman, penumpukan massa, dan seating yang dihiraukan. Sudah ada ruang diskusi di media sosial, akan ada pertemuan panpel, tim, dan pelaksana teknis internal. Semoga laga selanjutnya lebih maksimal," tutur pria yang karib disapa Bona itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.