Sukses

Jelang Ramadan, Wamendag Pastikan Pasokan Sembako di Palembang Aman

Wamendag Jerry Sambuaga memastikan, harga kebutuhan pokok di Palembang Sumsel jelang bulan suci Ramadan sudah aman.

Liputan6.com, Palembang - Beberapa hari lagi, umat muslim di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan 1443 Hijriah. Tepatnya di hari Sabtu, 2 April 2022 mendatang.

Jelang bulan suci Ramadan, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengecek pasokan sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di Pasar Tradisional KM 5 Palembang, pada hari Senin (28/3/2022) lalu.

Dia menemui para pedagang sembako di dalam maupun di luar pasar, seperti pedagang bumbu, telur ayam, daging ayam hingga pedagang minyak, gula pasir dan lainnya.

Wamendag Jerry juga membeli beberapa kebutuhan pokok, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, telur ayam, gula batok dan juga buah asli Sumsel, yakni Duku Palembang.

Usai memantau harga-harga sembako di Pasar Tradisional KM 5 Palembang tersebut, Jerry Sambuaga memastikan jika pasokan kebutuhan pokok jelang Ramadan di Palembang sudah aman.

“Ada beberapa yang mengalami kenaikan harga, tapi masih wajar. Yang paling penting stok ada dan terjamin. Seperti minyak goreng, gula pasir, cabai merah, bawang merah dan putih,” katanya, Rabu (30/3/2022).

Untuk pasokan minyak curah sendiri, lanjut Jerry, pasokan maupun harganya sudah aman. Harga minyak curah yang dijual di Pasar Tradisional KM 5 Palembang Sumsel, berada di kisaran harga Rp 14.000/Kg hingga Rp 14.500/Kg.

Harga tersebut juga sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah, walau ada sedikit perbedaan harga. Namun hal tersebut tak jauh dari harga yang disepakati secara nasional.

“Untuk stok gula pasir, Insyaallah harganya stabil. Saya cek, ada harganya Rp 12.000/Kg hingga Rp 12.500/Kg. Pasokan nasional aman, distribusi lancar,” ujarnya.

Dia berharap, jelang bulan suci Ramadan dan Idhul Fitri 1443 Hijriah mendatang, harga masih tetap stabil. Jerry juga menginstruksikan kepada Dinas Perdagangan (Disdag) Palembang dan Sumsel, untuk terus memantau harga pasar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Telur Naik

Kepala Disdag Palembang M Raimon Lauri menuturkan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan dan penurunan harga di Pasar Tradisional KM 5 Palembang.

“Seperti harga bawang merah mengalami kenaikan, tapi harga bawang putih turun. Itu sesuai dengan siklusnya, terutama menyambut bulan suci Ramadan,” katanya.

Diungkapkan Lili, salah satu pedagang telur ayam di Pasar KM 5 Palembang, harga telur ayam mengalami sedikit kenaikan.

“Sudah dua minggu harganya naik, dari Rp 21.000/Kg jadi Rp 23.000/Kg. Tapi penjualan masih aman dan pasokan dari distributor juga stabil,” ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.