Sukses

Gubernur Gorontalo Bolak-balik Positif Covid-19, Warga Malah Sangsikan Khasiat Vaksin

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang kembali dikabarkan positif terpapar virus Covid-19, menimbulkan pertanyaan besar bagi masyarakat soal khasiat vaksin Covid-19.

Liputan6.com, Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang kembali dikabarkan positif terpapar virus Covid-19, menimbulkan pertanyaan besar bagi masyarakat soal khasiat vaksin Covid-19.

Sebab, Rusli sendiri bukan baru kali ini terpapar virus itu. Sebelumnya, dia pernah pada Juli 2021, bersama sang istri, mengumumkan positif Covid-19.

Selanjutnya, yang kedua kalinya, orang nomor satu di Provinsi Gorontalo ini mengalami hal yang sama. Rusli dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil dari laboratorium BPOM Gorontalo.

Sebagian masyarakat menilai jika vaksinasi yang diwajibkan saat ini bisa dibilang tidak ada khasiatnya. Pasalnya, gubernur yang sudah divaksin tiga kali saja masih bisa terpapar Corona.

"Nah bagaimana caranya kami mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin, sementara gubernur selalu mengumumkan dirinya positif," kata salah satu aparat desa di Bonebol.

Menurutnya, jika informasi itu bisa jadi membuat masyarakat akan kebal ketika diajak vaksin. Setiap warga yang diajak untuk vaksin mengatakan jika vaksin tidak ada gunanya, Gubernur saja masih terpapar meski sudah vaksin tiga kali.

"Artinya ketika dijawab seperti itu kami sudah tidak tahu bagaimana lagi. Kami seakan tidak ada dasar lagi memaksa mereka," tuturnya.

Selain itu, dengan diumumkannya Gubernur Positif Corona, sebagian warga yang sudah divaksin tidak mau lagi mau melanjutkan vaksinasi dosis berikutnya.

"Kami juga dilema dengan hal ini," uangkapnya.

"Pegangan mereka itu, kata mereka tidak ada gunanya vaksin jika masih dinyatakan positif," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengatakan jika vaksinasi adalah salah satu upaya kita dalam menciptakan kekebalan kelompok.

"Jadi untuk pasien yang sudah divaksin tidak akan begitu bergejala," kata Yana Yanti.

"Vaksin bukan mencegah kita terpapar virus corona. Tetapi membuat imun kita lebih ditingkatkan," ia menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.