Sukses

Mengenal Tradisi Minum Teh Saat Imlek, Berikut Manfaatnya Jika Rutin Dikonsumsi

Liputan6.com, Medan Momen Imlek bagi sebagian masyarakat Tionghoa dirayakan dengan beribadah. Kemudian dilanjutkan dengan berkumpul bersama sanak saudara. Mereka berkumpul di rumah sendiri maupun di rumah keluarga yang dianggap paling tua.

Saat berkumpul itu, beragam tradisi digelar. Salah satunya melakukan tradisi meminum teh. Biasanya, tradisi ini dilaksanan usai sembahyang Imlek dari tempat ibadah.

Tradisi minum teh ini dilakukan dengan memberikan sulangan secangkir teh kepada orang tua, yaitu ayah dan ibu yang dilakukan oleh anak-anaknya. Hal ini sebagai simbol memohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

Menurut warga Tionghoa di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) Chen Wen Fa alias Toni, tradisi minum teh saat Imlek dilakukan sebagai bentuk permintaan maaf orang yang lebih muda kepada yang lebih tua. Begitu juga permintaan maaf dari anak kepada orang tua.

"Kita tidak pernah meninggalkan tradisi ini, karena ini merupakan warisan leluhur," kata Toni saat Imlek beberapa tahun lalu.

Namun tahukah Anda, ternyata rutin meminun teh memiliki banyak manfaat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Manfaat rutin minum teh, apa saja?

Tingkatkan Mood dan Konsentrasi

Rutin mengkonsumsi teh pada pagi hari memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Juga dapat meningkatkan mood dan konsentrasi, sehingga aktivitas dapat berjalan dengan lancar karena semangat dan energi telah terisi.

Turunkan Risiko Kanker

Saat tubuh masih sehat, mengkonsumsi teh sangat dianjurkan untuk menurunkan risiko penyakit ini. Senyawa dan antioksidan pada teh dipercaya membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak rawan terserang penyakit.

Memperbaiki Fungsi Jantung

Zat antiinflamasi yang terkandung di dalam teh bisa merilekskan pembuluh darah dan menjernihkannya. Dapat pula mengurangi tekanan di organ jantung. Rutin mengkonsumsi minuman teh, pencapaian manfaat sehatnya bagi jantung akan semakin dekat pula.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lainnya

Haluskan Kulit

Rutin minum teh, apalagi di pagi hari dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit. Baik teh hitam atau teh hijau, keduanya memberikan manfaat baik bagi tubuh terutama untuk kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalam teh sangat baik untuk menutrisi kulit.

Menguatkan Gigi

Efek antibakterial membantu mengurangi bakteri jenis pembentuk rongga di dalam mulut. Gigi paling rawan terkena plak dan rongga, sehingga upaya menjaga kesehatan gigi juga perlu ditingkatkan. Saat gigi terkena masalah kesehatan, hal ini akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh lainnya.

Menghindari Diabetes

Saat menikmati, disarankan agar tidak berlebih menggunakan gula sebagai pemanis. Teh tawar baik pula dikonsumsi untuk hasil lebih maksimal. Secara rutin mengkonsumsi teh hitam bisa membantu menurunkan risiko diabetes, karena bermanfaat mengontrol dan menurunkan gula darah.