Sukses

3 Paket Teh Istimewa ala Ratna Soemantri untuk Hibur Diri di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Ahli teh Ratna Soemantri baru saja meluncurkan proyek kolaborasinya dengan Kumala Home and Kitchen, distributor peralatan rumah tangga ternama. Ada tiga macam produk teh yang diraciknya untuk disilangkan dengan perabotan yang sesuai. Tujuannya agar masyarakat bisa merasakan pengalaman minum teh yang lebih menyenangkan, terutama di masa pandemi ini.

"Semua bisa minum teh sesuai dengan selera masing-masing," ujar Ratna dalam Live Shopee, Sabtu, 31 Juli 2021.

Paket teh hasil kolaborasi itu terdiri dari Artisan Tea Set, Cold Brew Tea Set, dan Home Mixology Tea Set. Paket pertama berisi teko teh, saringan teh, dan toples kaca yang berisi racikan teh artisan yang dinamai Ubud Afternoon.

Ratna menerangkan teh artisan itu diracik dari teh hijau dari Sukabumi, serai kering, daun pandang kering, bunga osmanthus, bunga geranium, nanas kering, serta aroma natural dari serai dan nanas. Menurut dia, teh tersebut cocok untuk diminum dalam keadaan hangat

Teh hijau dipilih lantaran bisa membantu merelaksasi peminumnya. Itu karena daun teh mengandung asam amino L-teanin yang berfungsi sebagai relaksan.

"L-teanin sangat banyak di daun teh. Fungsinya akan mengaktifkan gelombang alpha di otak kita yang itu otomatis akan memerikan relaksasi pada tubuh kita," jelas Ratna.

Ia tak sembarang memilih daun teh, melainkan hanya menggunakan daun peko, yakni dua pucuk daun muda yang kaya akan katekin. Ratna menjelaskan, katekin merupakan golongan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsinya, bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

"Antioksidan itu membantu mencegah kerusakan tubuh kita, sel tubuh kita, dari radikal bebas," imbuh dia.

Bahan-bahan lainnya juga tak kalah bermanfaat. Serai, kata Ratna, bisa memberikan efek relaksasi, seperti teh. Sementara, bunga osmanthus juga mengandung antioksidan dan memberi aroma yang menyegarkan. Tambahan nanas kering digunakan untuk memberi rasa manis dan segar pada teh artisan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Seduh Dingin

Paket Cold Brew Tea berisi toples 1000 ml dan toples 400 ml yang berisi teh celup. Teh celup racikan Ratna itu dinamai Tokyo Summer.

Ia menjelaskan teh celup tersebut berisi teh hijau organik, buah aprikot, nanas kering, jeruk kering, gojiberi, kismis, osmanthus, dan aroma natural. Teh hijau lagi-lagi dipilih Ratna agar rasa minuman tidak terlalu sepet.

Seperti namanya, teknik penyajian teh ini melewati proses penyeduhan yang mekmakan waktu. Teh dicelup di dalam wadah, kemudian disimpan di lemari pendingin hingga beberapa waktu. Dia menyarankan agar wadah yang digunakan berupa gelas kaca, bukan plastik, agar hasilnya maksimal.

"Dengan metode cold brew, teh yang disajikan menjadi lebih tidak pahit. Tapi, itu juga tergantung dari kualitas teh tersebut," sambungnya.

Sementara, paket kolaborasi ketiga yang dinamai Home Mixology Tea Set itu berisi sendok, gelas 400 ml, dua pak based tea, dan perasa untuk membuat sirup sendiri di rumah. Mixology tea, sambung dia, diperuntukkan bagi orang yang ingin membuat teh ala kafe di rumah.

Dua pak based tea terdiri dari dua macam aroma, yakni Hazelnut Praline Black Tea dan Passion Fruit Black Tea. "Mixology tea berarti membuat minuman dari teh. Teh yang ada diseduh, lalu dicampurkan bahan-bahan lainnya," ujar dia seraya membagikan resep untuk membuat teh susu di rumah.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Resep Teh Susu

1. Rebus air bersama Hazelnut Praline Black Tea hingga air tersisa setengahnya dan warnanya menjadi pekat. Tuangkan di gelas saji.

2. Tambahkan 1 sdm susu kental manis, 1 sendok makan sirup gula aren untuk mendapatkan rasa karamel, dan es batu.

3. Untuk membuat layering pada teh, campurkan susu segar atau susu UHT dan susu evaporasi, 1:1. Tuangkan di permukaan.

4. Tambahkan es batu dan whipped cream sesuai selera. Teh susu siap disajikan.

(Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 5 halaman

Geliat Teh Artisan Lokal

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: